DPRD Lebak Sepakat Anggaran Kunker Dipangkas Untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
DPRD Kabupaten Lebak - idtimewa.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Untuk penanganan virus corona (Covid-19), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebak berinisiastif memangkas anggaran Kunjungan Kerja (Kunker) tahun 2020 sebesar Rp. 2,5 Milliar.

Ketua DPRD Lebak, Dindin Nurohmat mengatakan, Inisiatif ini merupakan bentuk dari kepedulian DPRD Lebak kepada masyarakat yang sedang diterpa kesulitan karena merebaknya Covid-19. Dan keputusan itu tambahnya, merupakan kesepakatan seluruh anggota DPRD leak melalui Rapat Badan Anggaran yang digelar pada Rabu, (8/04) di sekretariat DPRD Lebak.

Bacaan Lainnya

” Refocusing anggaran dimaksudkan untuk antisipasi dan penanggulangan wabah covid-19, tentu saja dana yang berasal dari hasil pemangkasan anggaran kunker dewan ini selanjutnya akan disalurkan sesuai skala prioritas. Sedangkan, alokasinya nanti akan digabungkan dengan yang telah dirumuskan oleh Pemerintah Daerah,” kata Dindin kepada wartawan baru-baru ini.

Dirinya berharap, dengan adanya realokasi anggaran tersebut mampu menjadi solusi yang dibutuhkan masyarakat dan para petugas medis yang menjadi garda terdepan penanganan covid-19 di Lebak.

” Dalam situasi seperti sekarang, sudah seharusnya kita saling bahu membahu untuk menyelesaikan persoalan covid-19 dan semoga dengan segala ikhtiar ini membuat kita bisa lebih cepat menghadapi ujian ini,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Lebak Fin Rian, menjelaskan, anggaran Kunker yang direalokasi tersebut untuk Kunker ke luar daerah periode April. Dirinya memastikan, pada bulan April sendiri tidak akan dilakukan Kunker karena adanya wabah virus tersebut.

“ Ya sementara ini untuk Kunker bulan April yang sudah dipastikan tidak bisa dilakukan keluar daerah karena wabah Covid-19, namun untuk kunjungan ke Kecamatan akan tetap berjalan. Informasinya dari pemerintah daerah akan ada refocusing kedua,” kata Fin Rian.

BACA JUGA:

DPRD Dukung Upaya Pemkab Lebak Berlakukan Lockdown Transportasi Umum di Wilayahnya

Virus Corona, DPRD Lebak Minta Pemkab Awasi Tenaga Kerja Asing

Namun, realokasi Rp2,5 miliar tersebut bukan hanya anggaran untuk Kunker para wakil rakyat. Dia menyebut, untuk Kunker pada bulan April nilainya sekitar Rp1,3 miliar dari total keseluruhan anggaran Kunker tahun ini sebesar Rp20 miliar.

Fin Rian merinci, Rp1,3 miliar lebih anggaran Kunker tersebut untuk 4 komisi dan 4 pimpinan DPRD.

“ Bukan, Rp2,5 miliar itu bukan Kunker aja. Ada juga kan kegiatan-kegiatan lain yang kontraknya belum dilaksanakan dan harus dihentikan karena dampak Covid, ya seperti Bimtek-bimtek, makan dan minum dipangkas karena rapat-rapat yang tidak bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.