DPRD Kabupaten Serang Jembatani Balon Kades yang Didiskualifikasi

  • Whatsapp
pilkades
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, Banten, Aef Saefullah

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24 COM – Komisi I DPRD Kabupaten Serang menerima surat aduan dari SJ, seorang bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang didiskualifikasi lantaran dianggap curang saat tes tertulis di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang pada Rabu (16/10/2019) lalu.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Serang, Aef Saefullah mengakui pihaknya menerima surat pengaduan mengenai keberatan SJ lantaran didiskualifikasi. “Balon Kades yang didiskualifikasi itu mengajukan keberatan. Dia tidak terima atas putusan diskualifikasi itu,” katanya pada Redaksi24.com di ruangannya, Rabu (30/10/2019).

Bacaan Lainnya

Padahal dari laporan yang diterima dewan, menjurut Aef, saat itu banyak saksi yang melihat dugaan kecurangan yang dilakukan SJ. Namun begitu, kata Aef, pihaknya tetap akan meminta keterangan dari SJ bersama kuasa hukumnya.

“Kami sudah meminta klarifikasi kepala dinas, dan akhirnya kita sepakat untuk meminta keterangan yang bersangkutan dan kuasa hukumnya. Kami jadwalkan pertemuan dengan pengadu tangal 6 November 2019,” imbuhnya.

BACA JUGA:

. 450 Personil Polres Serang Kota Amankan Pilkades Kabupaten Serang

. Pilkades di Kabupaten Serang Dinilai Sudah Transparan

. Warga Luar Kabupaten Serang Boleh Daftar Balon Kades

Menurut Aef Saefullah, SJ tidak meminta dewan membantu untuk membatalkan keputusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepadanya. SJ menyebut putusan diskualifikasi terhadap dirinya tidak sesuai Perda Kabupaten Serang Nomor 1 tahun 2015 tentang seleksi tertulis Balon Kades.

Menurut Aef, sebagai lembaga legislatif, pihaknya berkewajiban untuk menjembati persoalan yang terjadi di masyarakat, termasuk dalam perselisihan  tahapan Pilkades. Dewan, kata dia,  menerima pengaduan masyarakat.

“Soal ditrima atau tidaknya tuntutan Balon Kades itu bukan kewenangan kami, tapi panitia (Pilkades). Dewan hanya memberikan arahan atau pandangan,” jelasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.