DPRD Bentuk Pansus Perubahan Hari Jadi Kabupaten Tangerang

oleh -
WAWANCARA : Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H. Sumardi saat diwawancarai wartawan, Kamis (27/6/2019).

REDAKSI24.COM—DPRD Kabupaten Tangerang membentuk panitia khusus (Pansus) untuk membahas usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pergantian hari jadi Kabupaten Tangerang. Pansus tersebut untuk mengkaji sejauh mana keakuratan sejarah agar kedepan tidak terjadi silang sengketa di masyarakat.

“Jadi Pansus akan mencari fakta dan data terbentuknya Kabupaten Tangerang sehingga bisa diyakini dan disepakati bersama bahwa Hari Jadi Kabupaten Tangerang adalah tanggal 13 Oktober 1932, bukan 27 Desember 1943 seperti yang selama ini diperingati setiap tahunnya,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Sumardi kepada Redaksi24.com, Kamis (27/6/2019).

Dalam mengungkap fakta dan data tersebut, lanjut Sumardi, Pansus DPRD selain akan melakukan kajian akademis dengan mengundang tim ahli sejarah, pihaknya juga akan melakukan studi literatur dengan mendatangi sejumlah museum dan kantor arsip yang menyimpan data-data kesejarahan menyangkut Kabupaten Tangerang.

“Sebenarnya dokumen-dokumen sejarah Kabupaten Tangerang tersimpan di Belanda, namun saya pikir tidak perlu pergi ke Belanda cukup melakukan kajian akademis dan juga studi literatur dengan mendatangi sejumlah museum dan kantor arsip yang menyimpan data-data kesejarahan menyangkut Kabupaten Tangerang,” jelas politisi dari Partai Golkar ini.

Sementara itu Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli menjelaskan alasan Pemkab Tangerang mengusulkan perubahan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ini untuk meluruskan sejarah. Pasalnya dari hasil kajian Disporabudpar Kabupaten Tangerang diketahui adanya ketidakwajaran terkait usia Kabupaten Tangerang. Dimana Usia Balaraja yang merupakan salah satu kecamata di Kabupaten Tangerang diketahui usianya lebih tua dibanding Kabupaten Tangerang.

“Usulan ini kami buat untuk meluruskan simpang siur di masyarakat terkait kapan tepatnya Hari jadi Kabupaten Tangerang,” jelas pria yang akrab disapa H. Ombi ini.

Namun begitu menurut Wakil Bupati, Pemkab Tangerang menyerahkan sepenuhnya kewenangan kepada DPRD Kabupaten Tangerang untuk menetapkan kapan Hari Jadi Kabupaten Tangerang tersebut.

“Kami serahkan keputusan kepada DPRD,” ujar H. Ombi. (Sukri/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.