DPR Sebut Sektor UMKM Tahan Banting Saat Pandemi

  • Whatsapp
Marwan Jafar, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKB. (ist)

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai memiliki prospek dan tahan banting saat pandemi sekarang ini. Prospek yang sama, juga dimiliki ruralisasi (perpindahan penduduk dari kota ke desa) yang mendorong industri pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan di desa.

Demikian disampaikan anggota Komisi VI DPR RI, Marwan Jafar, Rabu (10/6/2020).

Bacaan Lainnya

Karenanya, dia mengusulkan agar stimulus bagi UMKM diperbesar karena sektor itu dinilai sebagai penggerak ekonomi di kawasan pedesaan.

“Sektor UMKM itu tahan banting saat pandemi sekarang ini. Karenanya perlu diberikan stimulus, termasuk untuk program ruralisasi yakni perpindahan penduduk dari daerah perkotaan yang padat ke daerah pedesaan. Jangan hanya BUMN yang diberikan secara khusus,” ujar politisi PKB itu.

Hanya saja, katanya, produk yang dihasilkan mereka, harus dibeli oleh Bulog atau BUMN-BUMN lainnya di bidang pangan dan oleh kementerian agar usaha mereka tetap berjalan.

Dalam keterangannya, Marwan juga menyoroti stimulus yang lebih besar yang diberikan kepada BUMN dalam strategi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat dampak pandemi Covid-19.

Dalam pandangannya, stimulus tersebut harus diawasi, sehingga penggunaannya benar-benar efektif untuk mendongkrak kinerja BUMN dan memulihkan ekonomi nasional.

Marwan menerangkan, tercatat BUMN mendapatkan stimulus sebesar Rp152,15 triliun, yang Rp52,57 triliun, diantaranya untuk PEN. Stimulus tersebut berupa kompensasi atau subsidi, bantuan sosial, dana talangan, serta dana Penyertaan Modal Negara (PMN). (gan/Ejp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.