DPR Minta KPU Segera Ganti Wahyu Setiawan Dari Anggota Komisioner

  • Whatsapp
Rapat dengar pendapat DPR bersama KPU, Bawaslu dan DKPP.

JAKARTA, REDAKSI24.COM — Anggota DPR RI F-PDI Perjuangan, Cornelis meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera mengganti, tersangka kasus suap anggota komisioner KPU, Wahyu Setiawan dalam waktu dekat. Hal tersebut agar tidak menimbulkan potensi masalah baru saat KPU disibukkan Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“kepada [komisioner] KPU yang kena masalah segera diganti, penggantinya segera diajukan supaya tidak mengganggu jalannya pilkada 2020,” kata Cornelis di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Bacaan Lainnya

Cornelis berpendapat, kasus suap yang menimpa Wahyu Setiawan telah mencoreng nama baik KPU sebagai representasi penyelenggara pemilu. Ia khawatir akibat peristiwa itu, dapat menurunkan ketidakpercayaan (distrust) masyarakat terhadap KPU.

Sementara itu, Cornelis juga menyampaikan perbaikan struktur terhadap Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (DKPP). Ia mengatakan DKPP perlu segera menetapkan ketua lembaganya yang hingga kini masih kosong.

Ketua DKPP sebelumnya, Hardjono diketahui telah lepas dari DKPP karena diangkat menjadi Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK). Kondisi tersebut menyebabkan kursi ketua DKPP masih kosong sampai saat ini.

“DKPP juga digantikan siapa pengurus lebih lanjut, jangan dibiarkan kosong,” tegas Cornelis.

BACA JUGA:

Kronologi Wahyu Setiawan Komisioner KPU Kena OTT KPK

Lebih jauh Cornelis meminta semua jajaran penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga soliditas koordinasi jelang Pilkada serentak. Hal yang menjadi perhatian serius adalah mengenai pengawasan aparatur petahana. Pasalnya, dari tahun ke tahun penyalahgunaan wewenang yang berkaitan dengan aparatur ini selalu terjadi di hampir semua daerah.

“Dengan segala hormat, tolong Bawaslu dengan KPU dilapangan jangan berantem, ingatkan itu seluruh jajarannya sampai yang paling bawah, paling depan, karena mereka kuncinya yang mengurus pilkada ini,” pungkas Cornelis. (Alfin/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.