DPMD Lebak Minta Prades Hidupkan Kembali Perekonomian Masyarakat Pasca Bencana

  • Whatsapp
Babay Imrony DPMD Lebak
Kepala DPMD Lebak, Babay Imrony.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak meminta para Kepala Desa serta para Perangkat Desa (Prades) untuk turut aktif melakukan pemberdayaan masyarakat guna menghidupkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat lumpuh pasca bencana.

” Kami intruksikan kepada para Prades untuk turun langsung ke lapangan membantu warga yang terdampak bencana dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat guna menghidupkan kembali perekonomian masyarakat,” kata Kepala DPMD Lebak Babay Imrony kepada Redaksi24.com, Selasa (14/1/2020).

Bacaan Lainnya

Babay mengungkapkan, bencana banjir bandang tersebut telah berdampak buruk bagi 36 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak. Bahkan terdapat 3 kantor Desa yang mengalami rusak berat akibat bencana tersebut.

” Kami sedang melakukan inventarisir apa saja kerugian yang disebabkan bencana tersebut. Karena kita mendapatkan banyak laporan kerusakan di Desa yang terdampak bencana tersebut, baik dari sisi infrastruktur, maupun aset serta dokumen arsip dari Desa yang dilanda banjir bandang,” ujarnya.

Dalam pemulihan pasca bencana, katanya pihak Desa tidak akan bisa menggunakan Dana Desa (DD) untuk melakukan pemulihan pasca banjir bandang dan tanah longsor hingga masa perubahan perencanaan di bulan Agustus nanti.

” DD tidak bisa digunakan untuk penangangan pasca bencana, karena itu sudah di sahkan. Dan baru bisa digunakan pada masa perubahan di bulan Agustus nanti,” katanya.

BACA JUGA:

Pasca Banjir Warga Miskin di Lebak Akan Bertambah

Kerugian Infrastruktur Akibat Banjir Bandang di Lebak Capai Rp 56 Milliar

Untuk pemulihan ekonomi masyarakatnya sendiri, kata Kepala DPMD, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disperindag Lebak, Dinas Koperasi Lebak, dan instansi serta pihak terkait lainnya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat yang menjadi korban bencana dapat kembali menghidupkan aktivitas perekonomian mereka.

” Kita telah berkoordinasi dengan instansi terkait agar dapat menghidupkan kembali perekonomian masyarakat yang lumpuh pasca bencana,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.