DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang Nilai Peh Cun Warisan Budaya Tak Ternilai Milik Kota Tangerang

oleh -
DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang Nilai Peh Cun Warisan Budaya Tak Ternilai Milik Kota Tangerang
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tangerang Bidang Kebudayaaan, Tomy (kiri)/Ist.

KOTA TANGERANG,REDAKSI24.COM–Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tangerang Bidang Kebudayaan, Tomy menilai perayaan Peh Cun  telah menjadi warisan budaya milik Kota Tangerang yang tak ternilai. Maka menurut Tomy hal yang wajar jika sejak Oktober 2020 lalu, Peh Cun ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda tingkat Nasional yang dimiliki Kota Tangerang.

“Dengan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda tingkat Nasional yang dimiliki Kota Tangerang maka Peh Cun bukan hanya milik warga Tionghoa tetapi sudah menjadi milik seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Kota di Kota Tangerang,” ujar Tomy.

Untuk itu menurut Tomy, ke depan, dalam melaksanakan perayaan Peh Cun yang biasa digelar setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Kong Hu Cu ini harus digarap dengan serius sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA: Masih di Masa Pandemi COVID-19, Perayaan Peh Cun Digelar Dengan Sederhana

“Untuk saat ini memang karena masih di masa pandemi COVID- 19 maka pelaksanaannya harus dilakukan secara sederhana dan tidak melibatkan banyak orang. Namun nanti setelah setelah pandemi COVID-19 berakhir, perayaan Peh Cun ini harus digelar semeriah mungkin  sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang tentunya bisa menambah pendapan asli daerah,” pungkasnya Tomy.

BACA JUGA: Disbudpar Kota Tangerang Akan Gencar Kenalkan Destinasi Wisata di Wilayahnya

Sebelumnya Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar), Ubaidillah Anshar menyatakan jika perayaan Peh Cun telah menjadi warisan budaya tak benda tingkat Nasional yang dimiliki Kota Tangerang.

BACA JUGA: Wakil Ketua DPRD Berharap Perda Pariwisata Banten Bisa Memunculkan Potensi Wisata Daerah

Pemerintah Kota Tangerang juga menurut Ubaidillah telah menjadikan Festival Rakyat Tangerang ini menjadi agenda rutin yang menjadi destinasi wisata pilihan Kota Tangerang yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Dari 14 item yang diusulkan Provinsi Banten, Peh Cun salah satunya yang menjadi warisan budaya,” ujar Ubaidillah saat itu.

Salah satu daya tarik perayaan Peh Cun ini menurut Ubaidillah adalah lomba perahu naga dan perahu papak yang beradu cepat di lintasan Kali Cisadane.(Hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.