Dorong Pembangunan Pertanian, Kementan RI Sosialisasikan Program Kostratani

oleh -
Sekda Kabupaten Tangerang, Mochammad Maesal Rasyid.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Guna mendorong keberhasilan pembangunan pertanian khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang, Kementerian Pertanian RI bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang lakukan sosialisasi Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), kepada 85 penyuluh dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tingkat kecamatan, di Gedung Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Kamis (13/2/2020).

Sekda Kabupaten Tangerang, Mochammad Maesyal Rasyid yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Kostratani bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani yang nantinya diikuti peningkatan produktifitas pertanian yang kesemuanya adalah untuk putaran rakyat agar ekonomi kerakyatan petani ini bisa berjalan dengan baik.

“Tadi Muspida para camat, kapolsek, Danramil termasuk juga para penyuluh semua hadir. Ini menunjukan Dinas Pertanian dan jajarannya serius dalam mendukung program Kostratani yang merupakan program dari Kementan RI,” kata Sekda usai acara sosialisasi.

Ia melanjutkan, jika pemerintah daerah terus berupaya mengoptimalisasi produktifitas pertanian oleh para kelompok tani, termasuk melalui program Agropolitan di lahan seluas 163 Hektar yang tersebar di beberapa wilayah diantaranya Pakuhaji, Sepatan, dan Sepatan Timur.

Pertanian Agropolitan, sambung dia, adalah upaya pemerintah daerah melalui kelompok tani untuk meningkatkan Holtikultural seperti Palawija dan sayur mayur.

“Dan Ini juga sebagai aspek untuk mendukung produktifitas pertanian yang sudah dilakukan oleh kelompok tani yang dicanangkan oleh Bupati Tangerang,, Ahmed Zaki Iskandar” kata dia

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSSMP) Kementan RI, Idha Widi Arsanti melihat jika Kabupaten tangerang saat ini memiliki tantangan yang cukup besar terkait dengan urbanisasi dan jumlah penduduk yang meningkat dengan cepat.

Kata dia, hal ini mau tidak mau harus disikapi dengan peningkatan produktifitas lahan maupun sumber daya manusianya yang kemudian di dorong dengan penggunaan tekhnologi pertanian untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan baik untuk masyarakat Kabupaten Tangerang, maupun untuk masyarakat sekitar, seperti Jakarta.

“Karena sebagai mana kita tahu bahwa kebutuhan pangan, beras, sayuran, ini cukup tinggi. Peningkatan kapasitas dari pelaku pertanian ini harus secara bersama-sama di dorong salah satunya melalui Kostratani,” tutur dia.

BACA JUGA:

Kampus Pertanian Mulai Dibangun Di Pagedangan Tangerang

Ia menambahkan, Kabupaten Tangerang adalah salah satu wilayah yang cukup strategis untuk mendukung pertanian di Metropolitan Jakarta. Jadi, katanya, ketika bisa menata bagaimana mensuplai masyarakat sub-urban di Kota Jakarta dan pangannya bisa didorong dengan baik, tentu saja ini bisa meningkatkan tatanan ekonomi dan baik di Tangerang sendiri maupun di ibu kota.

“Tadi kita lihat para penyuluhnya juga sudah sangat antusias, didukung oleh stakeholdernya, untuk bersama-sama mendorong pertanian yang dimulai dari kecamatan,” tandasnya (Ricky/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.