Dokumen Bermasalah, 24 WNA Asal Benua Afrika Diringkus Petugas Imigrasi Tangerang 

oleh -
Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mengamankan 24 Warga Negara Asing (WNA) asal Benua Afrika.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mengamankan sebanyak 24 Warga Negara Asing (WNA) asal Benua Afrika di salah satu penginapan di Kota Tangerang, Banten, Jumat (26/11/2021).  Mereka diamankan lantaran  izin tinggalnya sudah habis, dan tidak memiliki dokumen-dokumen keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna mengatakan, ke  24 WNA yang berasal dari Benua Afrika itu terdiri dari 8 WNA Nigeria, 3 WNA Ghana dan 1 WNA Guinea Bissau. Sedangkan 12 WNA lainnya belum diketahui identitasnya lantaran tidak dapat menunjukan dokumen keimigrasian.

“Jadi yang 12  orang lagi masih kita dalami dokumennya,” jelas dia.

Felucia menjelaskan ke 24 WNA yang diamankan oleh petugas tersebut, tengah melakukan aktivitas di depan laptop, dan belum diketahui aktivitas sebenarnya.

BACA JUGA: 15 WNA Yang Diamankan Imigrasi Tangerang Dari Apartemen GWR Dan CDP Akan Dideportasi

“Kami masih mendalami, sehingga kami belum dapat menyimpulkan kegiatan yang dilakukan oleh WNA itu di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Felucia, dari 24 WNA itu sebanyak 12 WNA melanggar Pasal 119 ayat 1 Undang-undang Keimigrasian, bahwa setiap orang asing yang masuk dan/atau berada di wilayah Indonesia harus memiliki dokumen perjalanan dan Visa sah yang masih berlaku, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8. Dengan begitu mereka bisa dipidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp500 Juta.

“Terhadap 12 WNA lainnya dugaan sementara melanggar Pasal 78 Undang-undang Keimigrasian, terkait izin tinggal yang sudah melebihi ketentuan,” pungkasnya (Candra/Aan)

No More Posts Available.

No more pages to load.