DLHK Kabupaten Tangerang Akan Lacak Pabrik Yang Membuang Limbah Ke Sungai Cirarap

  • Whatsapp
Sungai Cirarap

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang akan melacak pabrik yang membuang limbahnya ke Sungai Cirarap sehingga sungai yang membentang di wilayah Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, tersebut berwarna hitam dan berbau menyengat karena tercemar limbah industri selama bertahun-tahun. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengecek kondisi Sungai Cirarap yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Sungai  Bau dari mana asal limbah industri yang mencemari aliran sungai tersebut.  

Bacaan Lainnya

“Nanti kita cek dulu, itukan hilir yah kita lacak di mana arah hulunya serta pabrik mana saja yang membuang limbahnya ke sungai ini,” kata Taufik kepada Redaksi24.com, Selasa (8/12/2020). 

Ia melanjutkan, dalam melakukan pengawasan kualitas air sungai pihaknya rutin melakukan evaluasi dan monitoring dengan pihak perusahaan terutama pabrik-pabrik yang lokasinya dekat dengan bantaran khususnya yang berpotensi mencemari sungai. 

BACA JUGA: Sungai Cirarap Kabupaten Tangerang Tercemar Hingga Berganti Nama Kali Bau

“Kalau pengawasan rutin yah setiap bulan ada laporannya tapi karena jumlah pabrik di Kabupaten Tangerang ini sangat banyak kadang ada saja yang luput dari pengawasan,” Ujarnya.

Pria berkacamata ini juga menambahkan, pihaknya juga akan mengecek kandungan air di Kali Cirarap untuk mengetahui jenis limbahnya apakah dari unsur logam atau sampah industri yang mengandung kimia. 

“Pokoknya nanti kita harus cek dulu kondisi sungainya apakah pencemarannya dalam kategori berat atau ringan,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.