DLH Gelar Uji Emisi Kendaraan Untuk Menjaga Kualitas Udara di Kota Tangerang

oleh -
Petugas DLH Kota Tangerang sedang lakukan uji emisi pada kendaraan.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat di tiga titik di Kota Tangerang, Banten. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas udara di Kota Tangerang dari gas knalpot kendaraan.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan uji emisi gratis yang diselenggarakan dengan target 2.000 kendaraan itu mendapat respon positif dari masyarakat.

“Banyak masyarakat yang antusias untuk melakukan uji emisi kendaraannya. Jadi kita berharap dengan uji emisi ini masyarakat bisa tetap menjaga, supaya udara di Kota Tangerang tetap aman,” kata Wali Kota, Rabu (3/12/2021).

Wali Kota juga meminta bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi segera melakukan perbaikan. Karena, kata dia, selain dapat mencemari udara, tentu bagian mesinnya ada yang rusak.

BACA JUGA: Terkait Dugaan Pencemaran Sungai Cisadane, Ketua DPRD Kota Tangerang Minta Komisi IV dan DLH Agendakan Sidak

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Tangerang, Wilopo Tetuko Sigit menambahkan uji emisi tidak hanya bertujuan untuk mengetahui kualitas gas buang knalpot kendaraan di Kota Tangerang. Melainkan juga untuk pemantauan kualitas udara.

Lebih jauh Wilopo mengungkapkan sampai saat ini ada 827 kendaraan yang mengikuti uji emisi, dari total tersebut 746 kendaraan lolos uji emisi. “Total kendaraan yang ikut 827. Yang lolos sebanyak 746 kendaraan atau sekitar 90,2 persen dari total kendaraan yang ikut tes uji emisi,” ungkapnya.

Wilopo menambahkan ada 81 kendaraan yang tidak lolos uji emisi pada Selasa kemarin. Puluhan kendaraan tersebut tidak lolos lantaran kadar monoksida dan hidrokarbon kendaraan itu, melebihi nilai ambang batas emisi gas buang.  “Yang tidak lolos uji emisi kami harap agar meng-servis atau tune up kendaraannya,” pungkasnya. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.