DKPP Ajak Masyarakat Kawal Netralitas ASN di Pilkada

oleh -
Muhammad mengajak masyarakat mengawal ASN untuk netral dalam pilkada
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Muhammad, dalam webinar nasional di Unhas Makassar, Senin (09/11), mengajak seluruh elemen masyarakat mengawal ASN untuk netral dalam Pilkada serentak 2020.(Photo: DKPP)

MAKASSAR, REDAKSI24.COM— Ketua DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) RI, , Muhammad, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawal kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020.

Dikutip dari lamaman dkpp.go.id, Muhammad mengatakan akan banyak godaan yang datang ke para ASN di tengah kontestasi pesta demokrasi seperti pilkada.

“Meskipun para abdi negara di seluruh penjuru Tanah Air sejatinya lebih memilih netral dan tidak berpihak dalam pilkada,”ujar Muhammad yang juga mantan Ketua Bawaslu RI ini.

Hal itu dikemukakannya ketika menjadi narasumber dalam webinar nasional yang diselenggarakan Komisi ASN (KASN) dan IAPA di Aula Universitas Hasanuddin, Makassar, Senin (9/11/2020).

BACA JUGA:Ida Budhiati: DKPP Jamin Integritas Kelembagaan Penyelenggara Pemilu

“Mari kita kawal para ASN ini agar lebih tegak lurus terhadap aturan,”ucap Muhammad mengajak seluruh elemen masyarakat.

Kata dia, sebagaimana manusia pada umumnya, PNS pun memiliki dua potensi dalam dirinya masing-masing, yaitu potensi untuk berbuat kebaikan dan potensi untuk melakukan kejahatan.

Muhammad menyebut kedua potensi tersebut sebagai potensi malaikat dan potensi iblis.

“Karena itu ayo kita dorong agar potensi malaikat para ASN keluar dan tegak lurus pada aturan,” ujarnya.

Muhammad berpesan kepada PNS agar tetap menjaga amanah profesi. Menurutnya, selaku abdi negara, ASN harus tetap profesional dan disertai sikap netral dalam Pilkada 2020.

Dalam kaitan itu, praktik-praktik yang membantu petahana untuk menang dalam pemilu oleh PNS tidak boleh lagi terjadi pada era sekarang.

“Profesional saja, tidak perlu takut kehilangan jabatan. Anda jadi ahli di bidang anda saja, Insha Allah akan dilamar oleh birokrasi, jangan takut berkompetisi,”pungkasnya. (Jay De Menes)