DKP Kota Tangerang Temukan Hewan Mengidap Scabies di Taman Tematik 

oleh -
Dokter Klinik Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Bintang Mustika memberikan vaksin hewan pengidap scabies di Taman Kunci.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan vaksinasi hewan di Taman Kunci, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. Vaksinasi yang dilakukan dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2021 itu, pihak DKP  menemukan hewan yang terjangkit virus scabies atau kudis.

Dokter Klinik Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Bintang Mustika mengatakan, bahwa di Taman Burung terdapat satu ekor burung yang terindikasi menderita scabies (penyakit kudis).

“Jadi nanti perlu dikarantina dahulu, di kandangin sendiri, dan di observasi lebih jauh lagi,” jelasnya, Jumat (5/11/2021).

Bintang menjelaskan selain di Taman Burung, terdapat kelinci yang juga mengidap scabies di Taman Kunci. “Kalau taman kelinci, itu semua kelinci scabies, emang harus ada perawatan rutin disuntik scabies. Kalau untuk pengecekan paling nanti seminggu dua kali, kalau perawatan scabies di suntiknya seminggu sekali,” ujarnya.

BACA JUGA: PPKM Turun Level 2, Taman-Taman di Kota Tangerang Dibuka Kembali

Bintang mengungkapkan perawatan terhadap binatang di taman itu harus sangat teliti, terutama kebersihannya yang harus diperhatikan.

“Kebersihan kandang, tempat main dia (hewan), sama makan dan minum rutin diganti. Apalagi ini musim hujan banyak penyakit lebih cepet nular,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) Kota Tangerang, Hendri Pratama Syahputra menambahkan hewan yang terindikasi menderita scabies akan dilakukan penanganan oleh petugas DKP.

“Kalau memang ada hewan yang butuh penangan nanti langsung kita kontak DKP atau ketahanan pangan, rutinnya sih sebulan sekali. Di musim hujan ini, vitamin penambah makan mereka, nanti dicampur di minum untuk menambah nafsu makan,” pungkasnya. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.