Ditunjuk Jadi Ketua Depicab SOKSI Kabupaten Tangerang, Imam Fachrudin Gelar Rapat Koordinasi

oleh -
SOKSI Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM–Pascaditunjuk sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kabupaten Tangerang, Imam Fachrudin langsung menggelar rapat koordinasi untuk menyusun struktur kepengurusan. Dalam rakor yang digelar di Ni Teah Food & Coffee, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Sabtu, (13/3/2021) malam ini,  selain digunakan untuk bersilaturahmi dengan calon pengurus SOKSI Kabupaten Tangerang, acara tersebut juga dimanfaatkan untuk menyamakan visi dan misi dalam mengembangkan organisasi ke depan.

“Dengan besarnya tanggungjawab untuk mengembangkan SOKSI di Kabupaten Tangerang  agar bisa bisa berkiprah di tengah masyarakat, maka acara rakor ini sangat strategis untuk menyamakan visi dan misi dalam mengembangkan organisasi ke depan,”papar Imam. 

Imam menjelaskan jika SOKSI yang didirikan pada 20 Mei 1960 ini merupakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang dibentuk bukan sebagai pencetak kader organisasi tetapi lebih dari itu SOKSI dibentuk oleh para pendiri untuk mencetak kader bangsa yang Pancasilais, yang dalam melaksanakan perjuangannnya berorientasi pada karya dan kekaryaan.

“Di Awal pendiriannya SOKSI terlibat aktif dalam perpolitikan. Saat bertugas untuk mengimbangi keberadaan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (SOBSI)yang dianggap radikal dan kekiri-kirian (PKI),” papar Imam.

Dengan telah dibubarkannya PKI dan dengan kondisi saat ini, SOKSI Kabupaten Tangerang kini memiliki misi untuk melawan kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan di masyarakat. 

“Saat ini SOKSI harus hadir untuk melawan kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan di masyarakat. Jangan sampai pembangunan yang terjadi saat ini masyarakat Kabupaten Tangerang hanya jadi penonton,” ujarnya.

BACA JUGA: Pusat Vaksinasi 3 in 1 Pertama Indonesia Diluncurkan di Kabupaten Tangerang

Sementara itu Thohirudin, yang ditunjuk sebagai Sekjen Depicab menuturkan, sekilas tentang sejarah SOKSI. Menurutnya SOKSI telah mendirikan Fokusmaker, Wira Karya Indonesia, Baladhika Karya, Gerakan Karya Justitia Indonesia, yang kemudian melahirkan HAPI, dan HAPI melahirkan PERADI.

“SOKSI juga bersama Kosgoro dan MKGR telah mendirikan Partai Golkar yang saat ini menjadi salah satu patai besar di Indonesia,” jelasnya.

Namun walaupun menjadi pendiri Partai Golkar, namun menurut Thohirudin, secara prinsip Organisasi SOKSI bersifat independen.

“SOKSI bukan underbow parpol. Akan tetapi, jika anggota SOKSI masuk kedalam Golkar itu lebih baik. Namun jika memilih ke partai lain pun itu tidak dilarang,” pungkasnya.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.