Distanak Kota Serang Sweeping Hewan Qurban

  • Whatsapp
Petugas kesehatan hewan Distanak Kota Serang memeriksa hewan qurban yang dijual di salah satu lapak kawasan Cipocok, Kamis (1/8/2019).

REDAKSI24.COM – Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Serang, Banten menggelar sweeping hewan qurban yang dijual di sejumlah penampungan hewan di kawasan Cipocok, Kamis (1/8/2019).

Pemeriksaan bertujuan memeriksa kondisi kesehatan hewan qurban yang akan dijual. Pemeriksaan hewan qurban melibatkan dokter hewan dan petugas medis peternakan dari Distanak Kota Serang.

Bacaan Lainnya

“Pemeriksaan untuk menjamin hewan qurban yang dijual di semua lapak di Kota Sserang dalam kondisi sehat dan layak qurban,” kata Kadistanak Kota Serang, Edinata Sukarya.

Edinata mengatakan, menjelang Idul Adha pihaknya akan secara rutin melakukan pengawasan hewan qurban, terutama yang berasal dari daerah-daerah endemik penyakit berbahaya, seperti antraks. Diketahui, Antraks dapat menular kepada manusia dan dapat menyebabkan kematian. 

“Harus diektahiui asal usulnya, jangan sampai penyakit dari daerah lain yang dibawa hewan qurban dioper ke Serang,” katanya.

Ditempat yang sama, Drh Ratna menyampaikan hasil pemeriksaan hewan qurban di salah satu lapak hewan qurban di kawasan Cipocok, pihaknya menemukan 5 ekor teridentifikasi sakit ringan, tiga ekor terkena penyakit kulit dan dua ekor terjangkit flu.

“Yang sakit kulit harusnya tidak boleh dijual,  tapi masih katagori ringan. Kami belum menemukan penyakit berbahaya yang bisa menular ke manusia,” katanya. (Luthfi/Difa)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.