Disnakertrans Lebak Ajukan Ribuan Karyawan Yang di Rumahkan Masuk Program Kartu Prakerja

  • Whatsapp
Disnakertrans Lebak.
operator di Disnakertrans Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 1.163 karyawan di rumahkan. Itu terjadi karena 8 perusahaan tempat mereka bekerja sudah tidak beroprasi lantaran dampak virus corona (Covid-19) yang mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia

“Ribuan karyawan itu di rumahkan karena perusahaan tersebut tidak beroprasi lagi lantaran kesulitan mendapatkan bahan baku yang diimpor dari luar negeri,” kata Kepala Disnakertrans Lebak, Tajudin kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Bacaan Lainnya

Ribuan karyawan yang di rumakan itu, katanya, saat ini diharapkan bisa masuk dalam program kartu prakerja yang digagas oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Kaena di dalam kartu prakerja tersebut lanjutya, mereka akan mendapatkan bantuan atau tujangan non tunai sebesar Rp. 3.550.000, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 untuk membayar aneka pelatihan di platform digital mitra, Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, dan Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei.

” Sebetulnya kartu prakerja tersebut bisa didaftarkan secara mandiri, namun kami juga fasilitasi masyarakat yang ingin mendaftar dengan menyiapkan ruang khusus yang berisikan 2 unit komputer dan operator. Kita bantu mereka untuk mendaftarkan pada program tersebut,” katanya Tajudin.

BACA JUGA:

Lima Pabrik di Lebak Gulung Tikar karena Dampak Covid-19

Ditanya sudah berapa banyak yang mendaftar atau mendapatkan kartu program tersebut, Tajudin mengaku belum tahu. “Masih kita rekap datanya. Sistem pendaftarannya online, sehinga siapa cepat dia yang dapat. Tapi sudah kita infokan kepada perusahaan agar menyampaikan kepada setiap karyawannya yang di rumahkan untuk segera mendaftarkan diri pada program tersebut,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.