Disnaker Perkirakan UMK di Tangsel Naik Jadi Rp4,1 Juta

  • Whatsapp
Ilustrasi buruh
Ilustrasi buruh.

TANGERANG SELATAN,REDAKSI24.COM—Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama pengusaha, dewan pengupahan kota dan serikat pekerja akan membahas upah minimum kota (UMK) Tangsel tahun 2020. Namun Disnaker memperkirakan memperkirakan akan terjadi kenaikan UMK di Kota Tangsel pada tahun 2020. Diperkirakan kenaikan mencapai 8,51 persen atau menjadi Rp4,1 juta pada tahun 2020. Tahun 2019 ini, UMK Tangerang Selatan sebesar Rp3,841 juta.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Yanti Sari menjelaskan berdasarkan rumusan dari PP 78 tahun 2015 itu, penetapan UMK Tangsel, mempertimbangkan pula angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik RI, lanjut Yanti Sari, inflasi nasional RI sebesar 3,39 persen sementara pertumbuhan ekonomi nasional (PDB) sebesar 5,12 persen.

Bacaan Lainnya

“Dengan demikian maka kenaikan UMP atau UMK tahun 2020 berdasarkan data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional yaitu, 8,51 persen atau sekitar Rp4,1 juta,” jelas Yanti.

BACA JUGA :

Prostitusi Berkedok Panti Pijat di Tangsel Digrebek Tim Gabungan Satpol PP

Dilaporkan PERMAHI Tangerang Raya ke Ombusman dan Gubernur Banten, Pemkot Tangsel Siapkan Jawaban

Yanti menjelaska saat ini tercatat, 2.344 perusahaan kecil, sedang dan besar bernaung di Tangsel, dengan jumlah pekerja mencapai 58.868.

“Ini masih kita bahas, tetapi kita sudah ada rumusannya berdasarkan PP (Peraturan Pemerintah) nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan,” ucap Yanti.

Yanti juga mengatakan bahwa setelah pembahasan dengan dewan pengupahan kota, pelaku usaha dan tenaga kerja, draft UMK akan diberikan ke Wali Kota Tangsel lalu dikirimkan ke Gubernur Banten untuk disahkan. Karena jelas Yanti, UMK Tangsel akan ditetapkan setelah Upah Minimium Provinsi (UMP) Banten ditetapkan, karena pada dasarnya UMK tidak boleh lebih kecil dari UMP.

“Kalau besarannya sama ya tidak apa-apa, yang disahkan UMP dulu setelah itu UMK. UMP disahkan nanti pada tanggal 1 November 2019, setelah itu 40 hari sebelum awal tahun UMK akan disahkan,” ungkapnya. (adm/hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.