Disnaker Kabupaten Tangerang Buka Peluang Penyandang Disabilitas Masuk Dunia Kerja

oleh -
Disnaker Kabupaten Tangerang Buka Peluang Penyandang Disabilitas Masuk Dunia Kerja

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan peluang para penyandang disabilitas agar dapat dipekerjakan di perusahaan yang ada di wilayahnya. Rudi mengatakan, setidaknya saat ini ada 10 orang penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna daksa yang mengikuti seleksi untuk pengisian jabatan di salah satu perusahaan besar di Kabupaten Tangerang.

“Kita akan fasilitasi dan memberi pendampingan kepada mereka untuk memiliki kesempatan bekerja di setiap perusahaan,” jelas Rudi kepada Redaksi24.com. Kamis (31/3/2022).

BACA JUGA: Disnaker Sebut Angkatan Kerja Baru di Kabupaten Tangerang Tidak Siap Bekerja

Rudi menjelaskan sesuai dengan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemerintah harus membantu dan memfasilitasi agar para penyandang disabilitas mendapatkan hak yang sama dengan pekerja normal lainnya. Dan dalam undang-undang tersebut jelas Rudi, setiap perusahaan wajib mempekerjakan 1 persen dari jumlah total tenaga kerja yang ada

BACA JUGA: Angka Pencari Kerja Meningkat, Disnaker Kabupaten Tangerang Kembangkan Aplikasi Siap Kerja

“Saya berharap agar semua perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang dapat melaksanakan amanat undang-undang ini, dengan memperkerjakan 1 persen penyandang disabilitas di perusahaannya,” ujar Rudi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang Iis Kurniati menambahkan, hingga saat ini baru beberapa perusahaan saja yang melaporkan data untuk disabilitas yang sudah masuk dunia kerja.

BACA JUGA: Kajari Kabupaten Tangerang Akan Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dana Stimulan COVID-19 di LKM Artha Kerta Raharja

“Untuk data yang kami terima sebanyak 380 penyandang disabilitas yang terserap di dunia kerja, dari PT.Chingluh di Cikupa dan PT. Victory Chingluh di Pasar Kemis dan baru 1 perusahaan yang difasilitasi oleh Disnaker yaitu PT. PEMI,” jelas dia.

Ditempat yang sama, orang tua dari Krisna Setya Mukti yang mengikuti seleksi pencari kerja penyandang disabilitas mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Tangerang dan Pemerintah Kabupaten Tangerang karena anaknya difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan.

“Saya merasa senang, anak saya dapat mengikuti seleksi rekrutmen yang difasilitasi oleh Disnaker Kabupaten Tangerang, karena selama ini saya merasa kebingungan mencari kerja untuk anak saya,” tandasnya. (Derry/Hendra)