Diskominfo Kabupaten Tangerang Ajak Pegawai Tunaikan Zakat Profesi

oleh -
diskominfo kabupaten tangerang, zakat profesi, baznas, ASN, pegawai,
Pejabat Diskominfo Kabupaten Tangerang mendapat penjelasan terkait zakat profesi dari Baznas.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM  – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membayar zakat profesi dengan menyisihkan penghasilannya sebesar 2.5% per bulan.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Tini Wartini mengatakan, imbauan tersebut menindaklanjuti kunjungan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang ke Diskominfo beberapa hari lalu.

“Pada saat kunjungan Baznas Kabupaten Tangerang yang menerima Sekretaris Diskominfo Kabupaten Tangerang, Baznas menyampaikan agar pegawai membayar zakat profesi setiap bulan sesuai penghasilan sebesar 2.5 %,” ujar Tini Wartini.

Selain itu, imbauan membayar zakat profesi juga menindak lanjuti Surat Edaran Bupati Tangerang Nomor: 451.12/980-Bag.Kesra/2021 mengenai optimalisasi pengumpulan zakat, infaq dan shodaqah bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

BACA JUGA: 759 Aparatur Sipil Negara Kabupaten Tangerang Naik Pangkat

Adapun ketentuan pembayaran Zakat Profesi bagi seluruh pegawai beragama Islam dengan penghasilan minimal Rp5.240.000 per bulan diwajibkan untuk mengeluarkan zakat profesi sebesar 2,5% perbulan.

Bagi pegawai yang berpenghasilan di bawah Rp 5.240.000  perbulan diwajibkan untuk mengeluarkan infaq/shodaqoh melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang sebesar Rp50.000 perbulan.

“Zakat profesi dapat dikumpulkan melalui UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) BAZNAS Kabupaten Tangerang,” katanya.

BACA JUGA: Baznas Kabupaten Tangerang Maksimalkan Zakat Profesi dari PNS dan Aghniya

Imbauan tersebut dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera. Dia berharap imbauan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik, lancar serta sukses.

Sebelumnya  Komisioner Baznas Kabupaten Tangerang H. Anwar Ardadili menjelaskan jika Baznas Kabupaten Tangerang tengah membangun sinergitas dengan OPD/Lembaga/ BUMD/ swasta salah satunya dengan melakukan audiensi dan silaturahmi dengan pihak OPD/Lembaga/BUMD dan Swasta. Audiensi dan silaturahmi ini digelar dalam rangka sosialisasi program dan rencana strategis Baznas Kabupaten Tangerang dalam hal pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) 2021.

“Audiensi dan sosialisasi ini penting untuk  membangun kepercayaan masyarakat  terhadap Baznas Kabupaten Tangerang sebagai lembaga resmi pengelolaan ZIS di Kabupaten Tangerang. Selain itu kegiatan ini jua sebagai bentuk pertanggungjawaban kami ke publik terhadap pihak instansi /lembaga/BUMD/Swasta serta Masyarakat terkait pengelolaan Zakat di Kabupaten Tangerang,” ujar Anwar.

BACA JUGA: Baznas kabupaten Tangerang Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp35 Ribu Per Orang  

Dalam kesempatan itu juga anwar menjelaskan jika Salah satu yang menjadi fokus Baznas Kabupaten Tangerang di OPD/lembaga /BUMD adalah zakat profesi pegawai di lingkup Pemda Kabupaten Tangerang yang merupakan potensi Zakat yang belum tergali untuk aset Baznas..

Menurt Anwar, di tahun 2020  baru mencapai  2.953.267.381 rupiah dari pengumpulan Zakat propesi di tingkat dinas. Padahal secara regulasi dan aturan Bupati Tangerang Bapak Zaki Iskandar sudah mengeluarkan instruksi Bupati no 1 Tahun 2018 Tentang zakat profesi Bagi pegawai /Karyawan Di lingkungan Pemda Kab.Tangerang. Dan diperkuat kembali dengan  SE Bupati Tangerang no 451.12/980/-Bag-Kesra/2021 tentang Optimalisasi Pengumpulan ZIS Bagi Pegawai / Karyawan di Lingkungan Pemda Kab.Tangerang.

“Mudah-mudahan dengan adanya audiensi dan silaturahmi ini bisa meningkatkan hasil pengumpulan ZIS oleh Baznas Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.(Difa/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.