Dishub Kota Tangerang Tambah koridor Baru Untuk BRT

oleh -

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang mempersiapkan koridor baru untuk layanan Bus Rapid Transit atau BRT Kota Tangerang.

Rencananya, koridor 3 dengan trayek Mall CBD Ciledug-Tangcity Mall ini bakal dilaunching pada akhir tahun 2019 mendatang. “Untuk koridor baru ini sedang proses. Dan paling lambat bulan Desember nantj sudah bisa dioperasikan,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar kepada Redaksi24.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (20/9/2019).

Selain itu kata dia, tahun depan pihaknya akan menambah 3 koridor lagi dengan trayek Cadas-Poris Plawad, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta)-Poris Plawad dan Pusat kota.

“Nanti jalurnya kita evaluasi lagi. Yang pasti, kalau koridor ini sudah jalan bisa mengurangi beban kendaraan angkutan umum,” ucapnya. Sehingga kata dia, kedepannya Kota Tangerang mempunyai angkutan umum yang terjadwal, dengan tarif yang lebih murah ketimbang angkutan umum lainnya.

“Kalau BRT ini tarifnya Rp 2 ribu, bahkan kalau dinaikan Rp 3 ribu juga masih standar. Dibanding tarif angkutan umum lainnya,” kata dia.

Lebih jauh Wahyudi menjelaskan, apabila 6 koridor BRT di Kota Tangerang seluruhnya sudah rampung, bakal menjadi penghubung jalur-jalur utama. Sedangkan angkutan umum yang trayeknya berhimpitan, kata dia, bisa dilakukan penataan kembali.

BACA JUGA:

Pemkot Tangerang Harus Gencar Sosialisasi Pembayaran BRT Dengan E-Tunai

DLH Kota Tangerang Gelar Uji Emisi untuk Jaga Kualitas Udara

“Kalau satu BRT ini bisa ngurangin lima angkutan kota (angkot), tentunya kemacetan di jalan raya bisa diiatasi. Dan sopir-sopir angkot itu dapat dipekerjakan sebagai sopir BRT,” kata Wahyudi.

Wahyudi juga menjelaskan, berdasarkan hitungan yang ada, perbulan penumpang BRT untuk 2 Koridor mencapai 25 orang. Mengingat angkutan itu disukai masyarakat, karena pelayanannya yang cukup nyaman. (Agus/Aan)