Disegel, Proyek Perumahan The Essential Daru Tetap Berlanjut

oleh -
Disegel, Proyek Perumahan The Essential Daru Tetap Berlanjut kabupaten tangerang
Hingga kini, proyek pembangunan perumahan yang menawarkan konsep rumah modern yang digarap PT EPC itu, sama sekali belum melengkapi selembar perizinan pun dari Pemkab Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Sejumlah kalangan menilai Satpol PP Kabupaten Tangerang, Banten, hanya sebagai macan ompong. Buktinya, petugas penegak Perda itu telah membiarkan proyek perumahan The Essential Daru di Kecamatan Jambe terus berlanjut.

Padahal proyek perumahan mewah itu, sudah disegel petugas Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kabupaten Tangerang lantaran belum mengantongi izin.

Hingga kini, proyek pembangunan perumahan yang menawarkan konsep rumah modern dengan pengembang PT EPC itu, sama sekali belum melengkapi selembar perizinan pun dari Pemkab Tangerang.

Perizinan yang sama sekali belum dipegang developer The Essential antara lain, Pertek TGT, PKKPR yang dikeluarkan pemerintah daerah melalui Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB), izin site plan, Amdal, Andalalin, SLF dan PBG.

“Ini bukti kalau Satpol PP Kabupaten Tangerang sebagai penegak Perda sangat lemah, bahkan tutup mata,” ujar Abdul Nasir, Humas Ormas Badak Banten kepada wartawan Rabu (2/3/2022).

BACA JUGA: Ditutup, PT Sukses Logam Indonesia Belum Juga Penuhi Izin Amdal

Abdul Nasir mengatakan, Pemkab Tangerang melalui DTRB telah mengeluarkan Surat Perintah Pemberhentian Pelaksanaan Pembangunan (SP4B). Atas dasar itu, kata dia, pada Maret 2021 lalu, DTRB melakukan penyegelan terhadap proyek pembangunan perumahan tersebut.

Namun, lanjut Abdul Nasir, proyek pembangunan perumahan dengan nilai jual yang fantastis itu, hingga kini masih terus berlangsung. Sementara Satpol PP Kabupaten Tangerang selaku penegak Perda terkesan tutup mata.

Dia menilai Pemkab Tangerang, dalam hal ini Satpol PP Kabupaten Tangerang tidak berdaya menghadapi pengusaha yang melanggar aturan.

“Saya duga Satpol PP Kabupaten Tangerang sudah masuk angin, karena sebelumnya Satpol PP sudah memeriksa terkait perizinan dan melakukan pemanggilan terhadap owner perumahan The Essential Daru dan hanya diberikan teguran namun tidak ditindak,” tegas Abdul Nasir.

Pantauan di lokasi, terlihat beberapa bangunan rumah contoh yang pada Maret 2021 lalu distop, saat ini telah rampung. Selain itu, pembangunan infrastruktur dan saluran pembuangan air atau drainase juga tetap berlangsung.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, hingga kini belum bisa ditemui untuk dimintai keterangan.(Burhan/Difa)