Disdukcapil Tangsel Sebut Petugas Lalai, Puluhan Kertas Blanko KK Berserakan di Jalanan

  • Whatsapp
Kertas Blanko KK Berserakan di Jalanan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan Dedi Budiawan.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Puluhan kertas blanko Kartu Keluarga (KK) ditemukan berceceran di Jalan Boulevard BSD,  Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (18/6/2020).

Hal tersebut diketahui setelah adanya salah satu warganet yang mengunggah video lantaran menemukan blanko KK berserakan dan dianggap Video tersebut diunggah melalui cerita akun Instagram @masraka23 berdurasi 10 detik.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan Dedi Budiawan membenarkan, terkait adanya blanko KK yang tercecer dan berserakan di jalanan. Bahkan blanko tersebut rusak karena terlindas sejumlah kendaraan yang melintas. “Iya benar. Kejadian blanko tercecer itu terjadi sekitar Pukul 11.30-13.00 WIB,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (18/6/2020).

Dedi menerangkan, peristiwa tersebut terjadi akibat kelalain petugas saat proses pemindahan dari kantor Disdukcapil ke gudang arsip yang jaraknya diperkirakan 500 meter. “Karena deket, petugas office boy yang ngangkut menganggap enteng, cuma dimasukin dalam kardus nggak diiket dan nggak ditutup terpal mobil losbaknya. Akhirnya berkas kena angin, terbang dan bercecer di jalanan,” terangnya.

Dedi menjelaskan, blanko KK yang dipindahkan tersebut merupakan blanko KK halaman 2 dan 4 yang tidak terpakai dan akan dimusnahkan. 

“Kertas blankonya dalam keadaan kosong dan tidak digunakan lagi. Tadinya halaman 2 untuk ke dinas halaman 3 untuk kecamatan, halaman 4 untuk kelurahan. Sementara halaman 1 itu aslinya buat warga. Karena sudah sistem elektronik, jadi sudah tidak dipakai lagi. Arsipnya juga sudah pakai arsip elektronik,” jelas Dedi.

Menurutnya, ada 20 lembar blanko KK yang berserakan dan rusak, serta sudah berhasil diamankan. “Untungnya ada staf yang mengikuti di belakang mobil pengangkut berkas jadi semua yang tercecer langsung diamankan,” ungkap Dedi.

Dia berharap, kejadian tercecernya blanko KK tersebut tidak menimbulkan spekulasi atau pandangan negatif dari masyarakat. Lantaran kertas tersebut sudah tidak terpakai dan akan dimusnahkan. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.