Disdukcapil Tangsel Bakar Ribuan Blanko KK dan KTP

  • Whatsapp
Blanko KK dan KTP Disdukcapil Tangsel
Disdukcapil Tangsel Bakar Ribuan Blanko KK dan KTP

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Ribuan blanko Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (19/6/2020).

Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, blanko tersebut dimusnahkan lantaran tidak lagi terpakai. “Blanko KK yang dimusnahkan merupakan blanko KK halaman 2-4 karena sudah tidak terpakai. Sekarang kan sudah sistem tanda tangan elektronik (TTE),” katanya, Jumat (19/6/2020).

Bacaan Lainnya

Sementara untuk KTP yang dimusnahkan, merupakan KTP milik warga yang tidak lagi dipakai karena sudah diperbarui dan memiliki KTP-el baru. “Jumlah blangko KK yang dimusnahkan ribuan, ada 5 kardus. Kalau KTP ada 1.220 keping milik warga yang ganti dan rusak data,” ungkapnya.

Dedi menerangkan, blanko KK yang dimusnahkan sebelumnya sempat viral di media sosial lantaran berceceran di jalan Boulevard BSD, Serpong, kemarin. Peristiwa tersebut terjadi saat proses pengangkutan ribuan blanko menggunakan mobil bak terbuka tanpa penutup terpal. Akibatnya, blanko terkena angin berterbangan dan tumpah ke jalan hingga terlindas sejumlah kendaraan.

Diberitakan sebelumnya oleh Redaksi24.com, Dedi menjelaskan, blanko KK yang dipindahkan tersebut merupakan blanko KK halaman 2 dan 4 yang tidak terpakai dan akan dimusnahkan. 

“Kertas blankonya dalam keadaan kosong dan tidak digunakan lagi. Tadinya halaman 2 untuk ke dinas halaman 3 untuk kecamatan, halaman 4 untuk kelurahan. Sementara halaman 1 itu aslinya buat warga. Karena sudah sistem elektronik, jadi sudah tidak dipakai lagi. Arsipnya juga sudah pakai arsip elektronik,” jelas Dedi.

Menurutnya, ada 20 lembar blanko KK yang berserakan dan rusak, serta sudah berhasil diamankan. “Untungnya ada staf yang mengikuti di belakang mobil pengangkut berkas jadi semua yang tercecer langsung diamankan,” pungkasnya. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.