Disbudparman Kota Tangerang Gelar Sosialisasi Penyediaan Layanan Pendaftaran Usaha

oleh -
Disbudparman Kota Tangerang Gelar Sosialisasi Penyediaan Layanan Pendaftaran Usaha
Kegiatan Sosialisasi Penyediaan Layanan Pendaftaran Usaha yang digelar Disbudparman Kota Tangerang di Aula Kecamatan Tangerang/Ist.

KOTA TANGERANG,REDAKSI24.COM–Pemerintah kota tangerang melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) menggelar kegiatan sosialisasi penyediaan layanan pendaftaran usaha pariwisata tahun 2021. Kegiatan yang digelar di Aula Kecamatan Tangerang tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Disbudparman Ubaidillah Ansar didampingi Kepala Bidang (Kabid) pariwisata Adrial Alkarami.

Kepala Dinas Disbudparman Ubaidillah Ansar menjelaskan, tujuan kegiatan sosialisasi tersebut berguna untuk memberikan informasi kepada para pengusaha yang ada di kota tangerang agar mendaftarkan usahanya di Online Single Submission (OSS) atau perizinan online terpadu dengan sistem elektronik yang terintegrasi. Menurut Ubaidillah kegiatan ini sangat penting terlebih sektor pariwisata sempat terpuruk karena pandemi covid-19, 

“Sektor pariwisata kini perlahan kembali digalakkan di Kota Tangerang. Pemkot Tangerang melalui Disbudparman pun kini sedang gencar mensosialisasikan penyediaan pendaftaran izin berusaha pariwisata di Kota Tangerang,” jelasnya.

BACA JUGA: Gali Potensi Sejarah, Disbudparman Kota Tangerang Teliti Sembilan Makam di Masjid Kali Pasir

Menurut Ubaidillah sosialisasi izin berusaha tersebut diikuti para pelaku usaha pariwisata. Kali ini ditujukan untuk mereka para pemilik café dan restoran di Kota Tangerang. Dalam sosialisasi, para peserta diberikan pemahaman bahwa izin berusaha adalah hal yang penting dimiliki atau wajib bagi para pengusaha, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Kota Tangerang nomor 40 tahun 2017 kata Ubaidillah saat ditemui di lokasi, (02/12).

BACA JUGA: Asuransi Rp200 Juta Yang Disiapkan Disbudparman Kota Tangerang Untuk Korban Pohon Tumbang Belum Terserap

“Izin berusaha merupakan sebagai bukti tanda daftar yang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha yang berkaitan dengan sektor pariwisata. Seperti usaha jasa perjalanan wisata, penyedia akomodasi, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa pramuwisata, penyelenggara pertemuan dan beberapa jenis usaha lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA: PPKM Turun Level 2, Taman-Taman di Kota Tangerang Dibuka Kembali

“Kita akan dorong terus agar para pengusaha mendaftarkan usahanya, karena izin berusaha adalah hal yang penting dimiliki atau wajib bagi para pengusaha untuk mendaftarkan usahanya”, sambung Ubaidillah.

Ia pun mengungkapkan, berdasarkan hasil pendataan tahun 2021 terhadap jasa usaha pariwisata. Diketahui total jasa usaha pariwisata di Kota Tangerang berjumlah 1.142. Namun, baru sebagian jasa usaha pariwisata yang telah memiliki izin berusaha.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) pariwisata Adrial Karami menambahkan, lewat sosialisasi ini diharapkan seluruh jasa usaha pariwisata di Kota Tangerang dapat segera mendaftarkan izin berusaha perusahaannya. Jika seluruh jasa usaha pariwisata telah terdaftar. Pemkot Tangerang akan lebih mudah melakukan pemetaan kebijakan kebangkitan pariwisata di Kota Tangerang. 

“Sehingga, seluruh usaha di Kota Tangerang terdaftar secara izin sah dan resmi,” imbaunya. Ini butuh kerjasama dua belah pihak baik pemerintah maupun pengusaha. Untuk sama-sama membangkitkan pariwisata di Kota Tangerang, kedepannya roda ekonomi bisnis Kota Tangerang kian berputar,” katanya.(ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.