Diresmikan Presiden, Bendungan Sindang Heula Bisa Jadi Pemasok Air Bagi Industri di Banten

oleh -
bendungan sindang heula diresmikan Presiden Jokowi
Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Bandungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Banten.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan beberapa manfaat dari beroperasinya Bendungan Sindang Heula, Kabupaten Serang, Banten. Salah satunya bisa sebagai pemasok air baku bagi kawasan industri di Provinsi Banten.

Kawasan industri yang diperkirakan bisa memperoleh pasokan air baku dari Bendungan Sindang Heula diantaranya, industri di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

“Bendungan ini mampu berikan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik. Ini sudah dimulai digunakan oleh provinsi separuhnya 0,40 meter kubik per detik,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Bendungan yang dibangun sejak 2015 itu juga dapat berfungsi untuk mengendalikan banjir dengan kemampuan mereduksi banjir 50 meter kubik per detik dari daerah-daerah yang biasanya terjadi banjir di Kabupaten Serang, seperti kawasan bantaran Sungai Ciujung dan Cidurian.

Selain itu, Presiden juga menyebut Bendungan Sindang Heula bisa menjadi pembangkit listrik yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah. Bendungan ini bisa menghasilkan 0,40 megawatt energi listrik.

BACA JUGA: Kapal Terbalik di Bendungan Cikoncang, 3 Warga Pandeglang Ditemukan Meninggal Dunia

“Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik, bisa menghasilkan 0,40 megawatt, sehingga ke depan bisa dimanfaatkan juga oleh Provinsi Banten. Kita tidak ingin tergantung pada energi fosil, karena ini nanti berarti hydropower,” kata Presiden.

Presiden juga mencermati bendungan tersebut dapat menjadi kawasan konservasi dan destinasi pariwisata. Presiden meminta semua pihak menjaga konservasi di sekitar waduk, sehingga diharapkan air waduk dapat terus meningkat setiap tahun.

“Dan tentu saja kalau saya lihat tadi, ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Banten dan juga mungkin bisa menarik wisatawan dari provinsi lain di luar Banten,” jelasnya.(ANT/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.