Diplomasi BUMN, Erick Thohir Gandeng Menlu Retno

  • Whatsapp
Menteri-BUMN--Mentlu RI

JAKARTA, REDAKSI24.COM—Kementerian BUMN menggandeng Kementerian Luar Negeri untuk bekerjasama terkait diplomasi ekonomi guna mendukung BUMN Go Global.

Kerjasma kedua kementerian dituangkan dalam nota memorandum of understanding (MoU) atau kesepahaman antara Menteri Badan Usaha Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Penandatanganan MoU kerja sama diplomasi ekonomi dalam rangka mendukung BUMN Go Global ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dan sejumlah pejabat terkait dari kedua kementerian.

Bacaan Lainnya

“Memang sudah seyogianya kita mesti bersinergi, tentu tidak hanya dua kementerian ini, tapi juga di banyak kementerian,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (17/07/2020).

Kata dia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo ke depannya Indonesia secara diplomatik tidak hanya fokus di politik, tetapi juga terus mengembangkan footprint dunia usaha, baik swasta maupun BUMN.

BACA JUGA:Pemerintah Diminta Segera Lunasi Utang ke BUMN

Menlu Retno Marsudi mengaku hwa sejak awal tahun, terutama sejak Maret 2020 lalu,  kerja sama antara pihaknya dengan Kementerian BUMN  sangat intensif.

“Saat pandemi, justru kerja sama antara dua kementerian ini semakin kuat. Kita tidak mengenal egosektoral, bahkan di awal-awal pandemi kerja sama saling bahu-membahu ini tidak mengenal jam dan hari,”ungkap Retno.

BACA JUGA: Komisi VI DPR RI Setuju Garuda Indonesia Disehatkan Kembali

Intinya, sambung Retno, Kementerian Luar Negeri mendukung sepenuhnya  program BUMN Go Global. Karenanya MoU kedua pihak penting ditandatangani untuk memberikan landasan kuat bagi kerja sama seterusnya.

Dengan  MoU tersebut  Kementerian BUMN dan Kementerian Luar Negeri akan membentuk tim bersama BUMN Go Global untuk mendukung pengembangan serta ekspansi BUMN di pasar global dan mlakukan identifikasi bersama atas peluang investasi inbound serta outbound.(Aji/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.