Dinsos Pandeglang Siapkan Rp90 Juta untuk Pasien Tak Mampu

  • Whatsapp
Dinsos Pandeglang
Kepala Dinsos Pandeglang, Banten, Nuriah.

KABUPATEN PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang, Banten telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 90 juta untuk pasien kronis dari kalangan keluarga kurang mampu. Nantinya satu orang pasien tak mampu masing-masing mendapat jatah sebesar Rp5 juta.

Namun anggaran yang disiapkan Dinsos tersebut, hanya diperuntukan bagi pasien yang mengalami penyakit berat dan dari keluarga kurang mampu.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinsos Pandeglang, Nuriah mengatakan, anggaran sebesar Rp 90 juta itu untuk pasien yang terakomodir pada program BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI). “Anggarannya sudah kami sediakan. Bukan untuk pengobatan tapi untuk akomodasi,” tegasnya, Selasa (3/3/2020).

Lanjut Nuriah, persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, hanya membuat surat rujukan dari RSUD, kemudian membuat surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa, dan fotokopi identitas lain, seperti KTP, KK, dan kartu BPJS PBI.

“Persyaratan itu dibawa ke Dinsos, nanti bisa didampingi penyalurannya,” katanya.

Menurutnya, anggaran tersebut secara finalnya hanya sebesar Rp5 juta perorang. Namun untuk jumlah anggaran dalam satu tahun relatif, sebab anggaran untuk akomodasi pasien tersebut tidak diplot dalam satu tahun.

“Intinya anggaran untuk pasien yang kurang mampu itu mengalami fluktuasi dalam satu tahunnya. Kadang bulan ini besar, kadang juga kecil, kalau untuk anggarannya itu termasuk anggaran tidak terduga,” ujarnya.

BACA JUGA:

Bupati dan Kadinsos Pandeglang Tempel Stiker di Rumah Warga Pra Sejahtera

. BI Diminta Salurkan Kredit Lunak Bagi Petani, Nelayan dan Pedagang di Pandeglang

Dikatakannya, pihaknya tidak menetapkan besaran anggaran tersebut dalam setiap tahunnya. Bahkan untuk anggaran sebesar Rp90 juta itu bukan untuk satu tahun, tapi yang dianggarkan sampai pada Februari ini saja.

“Untuk saat ini sudah ada sebanyak 18 pasien yang terakomodir dari bantuan dana yang kami anggarkan ini,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.