Dinsos Pandeglang Berharap Data BST Tahap Dua Sesuai Ajuan

  • Whatsapp
BST Covid-19
Kepala Dinsos Pandeglang, Nuriah (kiri) memberi keterangan pers terkait data penerima BST Kemensos RI.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang, berharap data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial RI, untuk tahap II sesuai dengan yang diajukan, tidak adanya kerancuan seperti yang terjadi pada penyaluran tahap pertama.

Kepala Dinas Sosial Pandeglang, Nuriah mengatakan, sejauh ini penyaluran BST dari Kemensos RI baru pada tahap pertama, dan itupun belum selesai semuanya. Namun pihaknya berharap, dalam pencairan tahap ke II nanti tidak ada lagi data penerima dobel program atau data warga yang sudah meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

“Memang untuk BST dari Kemensos RI itu menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 2018. Maka maaih ditemukan penerima BST yang dobel program maupun warga yang sudah meninggal dunia. Tapi untuk tahap II sesuai data yang diajukan,” ungkap Nuriah kepada pers di salah satu rumah makan di Pandeglang, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, untuk BST dari Kemensos RI yang sudah disalurkan tahap pertama yaitu sebanyak 13817 Kepala Keluarga (KK) dari jumlah calon penerima sebanyak 83579 KK. “Saat ini untuk penyaluran tahap satu masih berjalan. Mudah – mudahan ditahap II nanti datanya sesuai yang kami ajukan,” katanya.

Lanjut Nuriah, untuk saat ini BST yang sudah mulai disakurkan baru BST dari Kemensos dan Pemprov Banten, itupun belum seluruhnya. Sementara untuk BST Kabupaten Pandeglang, masih belum bisa disalurkan.

“Untuk BST dari Pemprov yang sudah disalurkan baru sebanyak 2496 KK dari jumlah calon penerima sebanyak 44673. Adapun calon penerima BST Kabupaten ada sebanyak 7228,” ujarnya.

Diketahui, data warga calon penerima BST dampak covid-19 secara keseluruhan mulai dari BST pusat, provinsi dan kabupaten sebanyak 140.211 Kepala Keluarga (KK). “Belum lagi ditambah dengan penerima bantuan sembako warga terdampak, sembako untuk ODP, sembako BPNT perluasan serta bantuan sosial lainnya. Namun untuk bansos sembako yang saat ini disalurkan sebagian besar baru dari donasi,” tuturnya.

Terpisah, Camat Patia, Cecep Rohman mengaku, saat ini di wilayah tengah melakukan penyaluran BST dari Kemensos RI, sistem penyalurannya melalui jasa pos dan dilakukan di Kantor Kecamatan Patia.

“Tadi ada tiga desa di Patia yang sudah disalurkan BST tahap pertama dari Kemensos. Mudah- mudahan untuh tahap selanjutnya juga tidak lama lagi,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.