Dinsos Kota Cilegon Digeruduk Warga Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
dinsos cilegon
Sejumlah warga mendatangi Dinsos Kota Cilegon mempertanyakan bantuan sosial dampak covid-19.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Sejumlah warga asal Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon, Kamis (4/6/2020).

“Tujuannya cuma satu, mau menanyakan kompensasi dana bantuan Covid-19 yang 600 ribu (rupiah),” kata Subhi, salah satu warga yang tidak mendapatkan bantuan dampak Covid-19 dari pemerintah disela aksi unjukrasa.

Bacaan Lainnya

Dia mengaku bersama warga lainnya telah menyerahkan data ke masing-masing RT/RW sampai kelurahan. Namun, ternyata mereka tidak mendapatkan bantuan dampak Covid-19 dan tidak terdaftar pada Dinsos Kota Cilegon.

“Yang nggak dapat bantuan kebanyakan jompo, asisten rumah tangga, orang tidak mampu. Sedangkan yang dapat justru banyak orang yang mampu,” terangnya.

Senada, Yuli, warga Kelurahan Samangraya yang tidak mendapatkan bantuan sosial dampak Covid-19 mengaku hendak menanyakan masalah bantuan dana Covid-19. Pasalnya, dia telah menyerahkan data kepada RT, namun tetap tidak mendapatkan bantuan.

“Waktu pengumpulan pertama disuruh kumpulin ke Pak RT, setelah dikumpulin, terus setelah itu ada pencairan. Kami semua dari RT 04 cuma ada 14 atau 17 yang dapat. Yang sekarang demo karena nggak dapet. Sedangkan RT sebelah, RT 06 sekitar 35 orang dapat semuanya, ada PNS sama karyawan KS. Makanya sekarang kami datang ke Dinsosnya,” jelasnya.

Sedangkan, menurutnya, mereka yang mendapatkan bantuan Covid-19 adalah bukan orang tidak mampu. “Iya yang pada dapet itu bukan orang kaya lagi, orang punya kontrakan banyak, mobil ada, sedangkan yang nggak dapat ini para pembantu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Data Pada Dinsos Kota Cilegon, Yusuf Han menjelaskan, pihaknya telah mengajukan data penerima Bansos kepada Pemerintah Provinsi Banten sebanyak 20.375. Dimana, untuk tahap pertama sebanyak 12.828 akan dibagikan oleh Dinsos Cilegon.

“Maka bantuan sosial (Bansos) Covid-19 disalurkan secara bertahap dan tidak sekaligus. Wajar  bila warga mempertanyakannya kepada Dinsos,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, sampai saat ini yang telah menerima Bansos Covid 19 di Kota Cilegon sebanyak 43 ribu ornag. Dia juga mengakui pembagian Bansos yang dilakukan Pemkot Cilegon belum merata.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.