Dinsos Banten Monitoring Penyaluran BPNT Lebak Agar Tepat Sasaran

oleh -
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak, Eka Darmana Putra.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 106.230 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Lebak telah menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). OilDi Lebak, penyaluran program Kementerian Sosial tersebut merupakan yang terbaik kedua tingkat nasional, setelah Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak, Eka Darmana Putra usai menghadiri evaluasi dan persiapan pembentukan agen atau E-Warung BPNT 2019 yang digelar Dinsos Provinsi Banten, di Aula BP2S Lebak, Rangkasbitung, Selasa (5/11/2019).

Eka mengaku bangga karena dari
203 Kabupaten/Kota, Lebak berada di peringkat kedua tingkat Nasional dalam penyaluran BPNT. ” Alhamdulillah, ternyata penyaluran BPNT kita cukup baik,” kata dia.

Eka menjelaskan, penyaluran BPNT kepada KPM dilakukan dengan mengandeng 361 agen penyalur di setiap Desa di Lebak. Dalam proses penyalurannya, kata dia, para agen mendapat suplai bantuan pangan, yang bisa ditebus oleh masyarakat penerima KPM dengan menggunakan kartu BPNT.

Adapun kendala yang dihadapi dalam penyaluran program Kemensos tersebut, kata dia, saat melakukan sinergitas dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sinyal atau sistemnya selaku gangguan, sehingga menghambat penyaluran bantuan tersebut.

BACA JUGA:

41.335 Penerima Bantuan Jaminan Kesehatan di Lebak Dinonaktifkan

Disperindag Lebak Berikan Pelatihan Ibu Rumah Tangga Bisnis Industri Kreatif

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM) Dinsos Banten, Emed Hamami mengatakan, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi guna memastikan penyaluran BPNT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui agen E-Warung supaya tepat sasaran.

Sehingga kata dia, BPNT di Lebak yang sudah baik dan mampu meraih anugrah kedua terbaik di tingkat nasional tetap terjaga. “Awalnya Kita pesimis dengan penyaluran BPNT ini. Karena geografis di Lebak selain pengunungan, daerahnyapun sangat luas,” kata dia sembari berharap kepada para agen peyalur BPNT agar tidak berpangku tangan dan dapat melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar

“Kita harap seluruh pihak dapat berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya para penerima KPM. Agar mereka bisa membangkitkan ekonomi kreatif dilingkungannya,” kata dia. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.