Dinkes Minta Puskesmas di Lebak Tingkatkan Kewaspadaan Virus Corona

  • Whatsapp
Pencegahan Virus Corona
Infografis Pencegahan Virus Corona

LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak akan melakukan survei ke setiap Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya yang berada di Kabupaten Lebak untuk melakukan penyeluhan kepada masyarakat terkaitan bagaimana penularan dan antisipasi virus corona (COVID-19).

Dinkes Lebak
Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono.

” Kami akan segera mengadakan penyuluhan terkait virus corona. Tujuannya supaya masyarakat tahu dan mewaspadai soal penyebaran virus tersebut,” kata Plt Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono, kepada Redaksi24.com, Kamis (5/3/2020)

Bacaan Lainnya

Untuk meralisasikan hal tersebut, kata dia, pihaknya akan mengelar rapat Koordinasi terlebih dahulu dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Lebak. Mengingat kegiatan itu akan melibatkan beberapa pihak terkait, seperti TNI-POLRI.

Pion, sapaan akrab Kadinkes Lebak, mengatakan, penyuluhan dilakukan dengan tujuan supaya Puskesmas tanggap dalam melayani masyarakat, khususnya warga yang mengalami gejala-gejala virus Corona.

Selain itu, tambah dia, Puskesmas juga harus mampu mencegah adanya kepanikan yang berlebih di kalangan masyarakat terkait virus tersebut, dengan cara mensosialisasikan pola hidup sehat. ” Jika terdapat warga yang mengalami gejala-gejala seperti batuk pilek, demam, dan sesak pernapasan agar segera melaporkan kepada kami (Dinkes Lebak), sehingga kami bisa melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap warga tersebut,” katanya.

BACA JUGA:

Dinkes Lebak Imbau Masyarakat Tidak Berlebihan Menanggapi Virus Corona

Kabar Masuknya Virus Corona Meresahkan Warga, Stok Masker di Lebak Habis Terjual

Apabila, kata dia, terdapat warga yang diduga terinfeksi, pihaknya akan merujuk warga tersebut ke layanan Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan virus Corona. Dan di Provinsi Banten sendiri, tambah dia fumah sakit rujukan penanganan virus corona, yaitu Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranagara (RSDP) Serang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

” Jika ada yang terduga terinfeksi maka akan kami langsung rujuk ke dua rumah sakit tersebut,” tandasnya.

Namun demikian ia mengimbau kepada masyarakat, agar tidak panik menangapi kabar penyebaran virus Corona, dan menerapkan pola hidup sehat serta mengunakan maskes bila berpergian ke luar kota, khususnya di moda transportasi umum. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.