Dindikbud Pandeglang Terbitkan Surat Edaran Bagi Siswa Belajar di Rumah

  • Whatsapp
surat edaran Dindikbud Pandeglang
Kepala Dindikbud Pandeglang, Taufik Hidayat.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, menindaklanjuti intruksi bupati terkait diliburkannya aktivitas sekolah selama dua pecan menyusul status KLB virus corona di seluruh Provinsi Banten.

Bentuk tindaklanjut intruksi Bupati Pandeglang yang dilakukan Dindikbud dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor surat 443.2/704-Dikbud/2020 tertanggal 15 Maret 2020 ke setiap sekolah mulai tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SKB dan PKBM.

Bacaan Lainnya

SE itu bersifat segera dengan tujuan pencegahan penyebaran Covid-19 pada satuan pendidikan.

Dalam SE itu juga menghimbau pengawas, penilik, kepala sekolah dan guru agar memperhatikan untuk turut melakukan pencegahan covid-19.

Selain itu, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) satuan pendidikan PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, PKBM, LKP dan MDTA dilaksanakan dengan belajar di rumah mulai tanggal 16 hingga 30 Maret 2020.

Untuk pembelajaran tatap muka diganti dengan cara KBM kelas maya melalui portal belajar.kemendikbud.go.id yang dikembangkan Pustekkom dan Pusdatin Kemendikbud atau aplikasi ruang guru.

Peran guru dalam pembelajaran online untuk memandu dan berkomunikasi dengan orang tua murid mengenai tema yang dipelajari, serta melakukan evaluasi hasil kerja siswa pada saat siswa kembali masuk sekolah.

Selama siswa belajar di rumah, aktivitas di sekolah harus tetap dilaksnakan piket guru, tata usaha gotong royong kebersihan ruang kelas dan ruang kerja secara rutin. Kepala sekolah dan guru agar menyosialisasikan kepada orang tua siswa, untuk menjaga anak agar tidak ke luar rumah selama masa pencegahan virus tersebut, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat di rumah dan sekolah.

Satuan pendidikan agar menunda dan menjadwalkan ulang rencana dan pelaksanaan yang mengundang, mengumpulkan serta menghadirkan banyak peserta seperti lomba, kompetisi, olimpiade, workshop, seminar, berlembah dan sejenisnya.

Agar satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pandeglang, melalui UPT Puskesmas masing-masing atau menghubungi cal center virus corona Pandeglang, dengan Nomor 0852 8959 0898.

Kepala Dinas Pendidikan Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, sudah menindaklanjuti intruksi Bupati Pandeglang, teekait edaran penting dalam pencegahan penyebaran virus corona di satuan pendidikan di Pandeglang.

“Kami sudah berikan SE ke setiap sekolah, penilik dan pengawas,” ungkap Taufik melalui sambungan telepon, Minggu (15/3/2020).

BACA JUGA:

. Bupati Pandeglang Liburkan Sekolah Selama Dua Minggu

. Jajaran Dinkes Pandeglang Tingkatkan Kewaspadaan Virus Corona

. Antisipasi Virus Corona, Dinkes Pandeglang Diminta Gencarkan Lagi Germas

Saat ditanya bagaimana persiapan yang harus dilakukan pihak sekolah terkait sistem KBM siswa di rumah. Taufik mengaku, nanti para Guru menyampaikan kepada orang tua siswa untuk melakukan bimbingan proses pembelajaran di rumah bagi siswa, dan itu tidak terlepas dari pantauan guru selama belajar siswa di rumah tersebut.

“Sebenarnya siswa itu belajar di rumah juga mudah, karena sudah ada buku panduan. Kebetulan buku panduan itu juga berdasarkan tematik, dan untuk temanya juga dikasih tahu sama gurunya,” katanya.

Selain itu, lanjut Taufik, meskipun pembelajaran siswa dilakukan di rumah, namun untul guru tetap melaksanakan aktivitas di sekolah, sebab ketika ada orang tua murid yang konsultasi terkait hal KBM siswa di rumah, maka harus dilayani pihak sekolah.

“Selain itu juga melakukan bersih ruang kelas dan ruang kerja di sekolah. Jadi guru tetap harus melakukan aktivitas di sekolah selama siswa belajar di rumah,” ujarnya.

Ditegaskannya, mulai Senin pihak sekolah harus melakukan sosialisasi kepada para orang tua siswa, mengenai pembelajaran yang dilakukan di rumahnya masing-masing. “Maka hal ini harus segera disampaikan kepada para orang tua siswa,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.