Dindik Kota Serang Diminta Buat Regulasi Keringanan Biaya Pendidikan Sekolah Swasta

  • Whatsapp
biaya pendidikan
Anggota DPRD Kota Tangerang, Ari Winanto.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Kalangan DPRD Kota Serang mendorong Dinas Pendidikan (Dindik) untuk membuat regulasi mengenai keringanan biaya sekolah, khususnya bagi sekolah swasta yang selama pandemi covid-19 menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) via online atau dalam jaringan (Daring).

Dorongan itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Serang, Ari Winanto menanggapi keluhan seorang siswa terkait pembayaran biaya pendidikan di salah satu SMP swasta di Kota Serang. Melalui akun medsosnya yang bernama haibay23bitu, siswi itu mengadu kepada Wali Kota Serang, Syafrudin.

Bacaan Lainnya

“Adik saya sekolah di salah satu sekolah swasta di Kota Serang (SMP) biaya administrasi sekolah (Rp) 5 juta. Selama masa pandemi terhitung 16 maret sampai hari ini proses KBM dilakukan secara daring jarak jauh,” tulisnya di instagram resmi Wali Kota Serang, pada Senin (8/6/2020).

Menurutnya, meski saat ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring masa pandemi ini, namun pihak sekolah tidak memberikan keringanan pembayaran biaya administrasi sekolah. Ia pun meminta agar pemerintah, baik provinsi maupun kota dapat membuat kebijakan terkait biaya sekolah swasta.

“Saya menyayangkan pihak sekolah yang masih meminta untuk melunasi administrasi sekolah dalam situasi serba sulit. Saya minta dengan sangat agar Pemprov/Pemkot membuat suatu kebijakan untuk permasalahan seperti ini,” katanya.

Siswi itu juga menulis, “Tidak ada keringanan dalam bentuk pengurangan nominal biaya hanya relaksasi pembayaran administrasinya saja, semoga segera mendapat respon yang baik terimakasih.”

Ari Winanto mengakui sekolah swasta menarik iuran pendidikan seratus persen meski proses KBM dilakukan secara online atau daring. Karena itu, kata Ari, pihaknya akan berbicara kepada Dinas Pendidikan untuk mencari win win soluitionnya agar siswa, khususnya sekolah swasta  mendapatkan keringanan biaya pendidikan selama masa pandemi covid-19.

Ditambah pandemi covid-19 yang belum selesai bisa menjadi beban bagi para siswa serta keluarga para siswa, khususnya di Kota Serang. Ari Winanto mengaku akan segera mengomunikasikan hal tersebut dengan dinas pendidikan.

Selain permasalahan biaya pendidikan sekoah swasta, Ari Winanto juga mengaku akan meminta keterangan dinas pendidikan terkait penerimaan siswa baru, terlebih penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020-2021 di Kota Serang belum ada kepastian.

“Minggu ini akan kami konfirmasi ke dinas pendidikan terkait penerimaan siswa baru dan rileksasi biaya pendidikan sekolah swasta,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.