Diikuti Ribuan Warga, Festival Maulid Kota Tangerang Berlangsung Meriah

oleh -
Wali Kota Tangerang Ririungan Gerebek Maulid
Wali Kota Tangerang H. Arief R Wismansyah bersama jajarannya di acara Ririungan Festival Maulid 2019 yang digelar di Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM—Ribuan masyarakat Kota Tangerang memadati sepanjang Jalan Kali Pasir untuk menyaksikan pembukaan Festival Maulid 2019 yang digelar selama tiga hari, mulai tanggal 8-10 November 2019.

Dalam kegiataan yang dilaksanakan di lokasi wisata kampung berkelir tersebut, diawali dengan kirab maulid yang melibatkan berbagai unsur masyarat, seperti pelajar, mahasiswa, ormas, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangerang, kecamatan serta kelurahan.

Para peserta kirab yang membawa gunungan dengan dihiasi berbagai sayuran, buah-buahan dan makanan, menambah semarak pelaksanaan Festival Maulid yang sudah berjalan selama dua tahun itu.

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah, bersama Wakil Wali kota Tangerang, H. Sachrudin, turut melepas kirab yang menempuh rute sepanjang Jalan Peristis Kemerdekaan, mulai dari pertigaan Bintang hingga persimpangan Pasar Anyar dan kembali lagi menelusuri Jalan Kali Pasir menuju garis finish atau titik awal dilepasnya kirab.

Sesampai di lokasi itu, suasana semakin riuh, karena ribuah peserta  maupun pengunjung menyatu untuk melakukan ‘Grebek Maulid’ dengan berebut makanan yang menjadi pernak pernik gunungan.

Kirab Gugunungan Festival Maulid 2019.

Setelah itu, Wali Kota dan Wakil Wali kota bersama-sama dengan masyarakat reriungan atau makan bersama secara lesehan di emperan jalan depan Kampung Bekelir.

Arief mengatakan, Festival Maulid yang digelar secara priodik setiap tahun itu, bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Kegiatan itu, akan dilaksanakan secara bergiliran di 13 Kecamatan di Kota Tangerang. “Festival Maulid ini yang kedua, dan sebelumnya dilaksanakan di Karawaci,’ kata Arief.

Melalui kegiatan tersebut, Arief berharap agar seluruh masyarakat Tangerang bisa berpartisipasi demi terbangunnya kebersamaan,  mengingat masyarakat Kota Tangerang berasal dari berbagai daerah yang tentu memiliki tradisi yang berbeda.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Ahsan Annahar, mengatakan, kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut, juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya lomba pembacaan rawi, pembacaan nadzon, kaligrafi dan mewarnai. Selain itu juga dilaksanakan tabligh akbar oleh Syyid Seif Alwi dan KH Zuhri Yakub.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan aman. Dan yang paling utama, bisa menghibur masyarakat,’ kata dia. (Adv )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *