Diduga Tak Kantongi Izin, Camat Pagelaran Pandeglang Akan Sidak Tambak Udang

  • Whatsapp
ambak Udang Desa Tegal Papak Pagelaran Pandeglang
Tambak udang di Desa Tegal Papak, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandelang terlihat tertutup dan tidak ada aktivitas.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM–Perusahaan tambak udang di Desa Tegal Papak, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, diduga tidak mengantongi izin dari dinas terkait. Mengetahui hal tersebut Camat Pagelaran, Holil Marjuki mengaku geram dan akan menyidak langsung tambak yang diduga liar tersebut.

Holil Marjuki mengaku, awalnya ia tidak mengetahui jika di wilayahnya ada perusahaan tambak baru. Karena belum ada yang laporan atau dari pihak perusahaan melakukan permohonan izin kepada dirinya.

Bacaan Lainnya

Namun, akhir-akhir ini ia mengetahui adanya informasi tambak udang itu bukan dari pemiliknya langsung, tapi informasi yang didapatnya itu melainkan dari pihak lain.

“Awalnya saya tidak tahu kalau di situ (Tegal Papak, red) ada tambak udang baru. Karena sebelumnya tidak ada pihak perusahaan yang melapor atau melakukan permohonan ijin dari kami,” ungkap Camat, Selasa (16/2/2021).

Dengan tidak adanya laporan atau permohonan langsung untuk izin lingkungan dari pihak pengelola kepada instansinya, artinya lanjut Camat, keberadaan tambak udang itu tidak berizin. Sebab kata dia, untuk izin lingkungan itu dirinya harus mengetahui, namun sejauh ini pihaknya belum pernah menerima permohonan atau menandatangani izin lingkungan.

“Izin lingkungan itu harus ada tandatangan saya, tidak hanya sebatas dari desa. Makanya hari ini (Selasa, red) saya akan turun ke lokasi untuk mempertanyakan perizinan tambak udang itu,” katanya.

Menurutnya, pengelolaan tambak udang itu yang diketahuinya tidak cukup hanya sebatas izin lingkungan saja. Akan tetapi harus ada kajian terlebih dahulu, setelah semua prosedurnya ditempuh, baru pihak pengelola menjalankan perusahaan tersebut.

“Harus ditempuh dulu proses perizinannya, jika semua itu sudah ada baru pihak pengelola menjalankan perusahaan itu. Jangan sampai perusahaan sudah jalan tapi izinnya belum ditempuh. Makanya hari ini kamu akan turun dan akan bertindak tegas terhadap pengusaha tambak yang nakal,” tegas camat.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, keberadaan tambak udang yang berlokasi dekat dengan pantai Tegal Papak itu sudah lama berjalan. Namun belum diketahui oleh pemerintahan kecamatan setempat, bahkan nama perusahaan yang mengelola tambak udang tersebut juga belum ada yang tahu.

Pantauan di lokasi, gerbang pintu masuk lokasi tambak nampak tutup dan tidak terlihat ada aktivitas di lokasi tambak itu. Namun ternyata di dalamnya, banyak karyawan yang tengah melakukan aktivitas.

Akan tetapi, saat tim redaksi24.com bersama warga ingin mencoba untuk bertemu dengan pengelola atau pekerja yang ada di lokasi. Tidak ada satu orang atau karyawanpun yang menemui.(Samsul/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.