Diduga Jadi Penyebab Perairan Pulorida Tercemar, Ditpolairud Polda Banten Sisir Kapal-kapal di Perairan Merak

oleh -
Pencemaran perairan Pulorida
Limbah oli terlihat mencemari perairan Pulorida, Cilegon, Banten.

CILEGON, REDAKSI24.COM—Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Banten lakukan penyisiran terhadap kapal-kapal di perairan Merak – Salira. Pasalnya, terdapat limbah yang mencemari perairan Pulorida.

Kepala Kesatuan Patroli (Kasatpol) Ditpolairud Polda Banten AKBP Norman Trisapto mengatakan, dirinya mendapatkan informasi sekitar pukul 06.00 WIB terjadinya pecemaran di perairan Pulorida. Setelah itu, pihaknya menurunkan dua) Unit kapal guna melakukan penyelidikan ke perairan.

“Saya langsung menurunkan dua unit kapal ke lapangan. Satu unit menyisir ke perairan Merak dan satu lagi menyisir ke perairan Salira,” katanya.

BACA JUGA:

Larangan Menyeberang Bagi 5 Komoditas Odol Melalui Pelabuhan Merak Ditunda Kemenhub

Norman menyampaikan, hasil daripada pemeriksaan dan pemantauan kapal patroli dampak limbah pencemaran itu sebagian kecil ada di perairan Pulorida. Pihaknya menduga limbah tersebut adalah oli campuran.

“Dugaan sementara sih, itu oli campuran. Tapi sampai saat ini masih kita lakukan penyelidikan di lapangan, jadi hasilnya nanti kita infokan lagi,” tegasnya.

Norman juga menyampaikan, seharusnya kapal terlebih dahulu dalam keadaan clean and clear. Setelah itu, baru diperbolehkan lewat.

“Seharusnya melibatkan jasa cleaning yang ada di dermaga setempat, supaya clean and clear. sehingga tidak dibuang ke laut,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, ada sekitar empat kapal yang sudah periksa. Dari hasil patroli diperkirakan sekitar dua drum limbah yang telah mencemari perairan Pulorida. Selebihnya di bagian pesisir, namun saat ini tengah di cleaning secara manual oleh pihaknya.(Firasat/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.