Didanai Pemda, Daftar Calon Kades di Pandeglang Gratis

oleh -
Pilkades di Pandeglang
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDM) Pandeglang, Doni Hermawan.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, mulai sosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021, hal itu dilakukan karena pada tahun ini di Pandeglang bakal menyelenggarakan Pilkades secara serentak.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDM) Pandeglang, Doni Hermawan, bahwa pihaknya saat ini telah melakukan sosialisasi Perbup Pilkades kepada para camat di Pandeglang. Setelah itu, nanti pihak kecamatan yang mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kalau menginjak kepada tahap Pilkades memang belum. Kami baru sosialisasi Perbupnya saja kepada para camat,” ungkap Doni usai melakukan sosialisasi Perbup Pilkades di aula DPMPD Pandeglang, Kamis (25/3/2021).

Dikatakan Doni, sengaja Perbup tersebut disosialisasikan terlebih dahulu kepada para camat, karena camat harus tahu lebih dulu terkait Perbup ini. “Jika nanti camat ada yang nanya soal Pilkades, mereka sudah memahami Perbupnya,” katanya.

BACA JUGA: Dengan Biaya Rp2 Miliar, Pilkades di Pandeglang Bakal Digelar Juni 

Pada pelaksanaan Pilkades nanti, Doni menegaskan bahwa para calon Kades tidak bakal dipungut biaya, karena untuk anggaran Pilkades tersebut sudah didanai oleh pemerintah.

“Tidak boleh, calon tidak boleh dipungut biaya. Karena anggarannya sudah ada dari pemerintah,” ucapnya.

Terpisah, Plh Bupati Pandeglang, Fery Hasanudin menuturkan, karena di tahun ini ada sekitar 207 Kepala Desa yang bakal habis masa jabatannya, maka tahun ini akan diselenggarakan Pilkades serentak.

Sebelum itu kata Fery, karena Perbupnya sudah akan, maka pihaknya mensosialisasikan Perbup itu kepada para camat di Pandeglang.

“Mengenai Pilkades sekarang sudah ada Perbupnya terkait tata cara atau mekanisme Pilkades. Hari ini (Kamis, red) Perbup itu mulai kami sosialisasikan,” tuturnya. (Samsul/Hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.