Diberlakukan Bea Materai Tarif Tunggal Rp 10.000 Tahun Depan

oleh -
Legislator Komisi XI, Heri Gunawan, menyebutkan, akan diberlakukan bea materai tarif tunggal Rp 10.000
Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan

JAKARTA, REDAKSI24.COM–Legislator Komisi XI DPR, Heri Gunawan, menyebutkan, dalam rumuskan revisi UU (Undang-undang)  No. 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai,  akan diberlakukan bea  tarif tunggal sebesar Rp 10.000 dari semula dua tarif yaitu Rp 3.000 dan Rp 6.000.

“Terjadi penyederhanaan aturan menjadi hanya satu batasan bea meterai dan nilainya ditingkatkan menjadi Rp 5 juta sebagai batas nominal dari nilai dokumen yang diwajibkan menggunakan bea  meterai dengan tarif tunggal Rp 10.000,”ujar Heri dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (04/09/2020).

Namun untuk dokumen di bawah nominal Rp 5 juta tersebut tidak dikenakan bea meterai.

Heri menjelaskan, definisi dokumen objek bea meterai pun diperluas tidak hanya meliputi dokumen dalam bentuk kertas,  tapi juga dokumen elektronik (digital) nanti masuk objek bea meterai.

BACA JUGA:Menteri BUMN: Saat Pandemi Kami Setor Pajak dan PNBP Rp 86 T Lebih

“Bea meterai dalam bentuk digital tidak hanya dapat menggali potensi penerimaan, namun juga memberi kepastian hukum untuk transaksi, perjanjian, kerja sama atau hal sejenis lainnya yang selama ini dilakukan melalui platform digital,”tuturnya.

Lanjut Heri, diperkirakan  dengan diberlakukan kenaikan tarif  itu berpotensi mendongkrak penerimaan negara dari bea meterai menjadi sebesar Rp 8,83 triliun dari sebelumnya Rp 3 triliun.

Rencananya, RUU ini baru bisa diundangkan pada tahun 2021. Karena ada perluasan definisi, maka pemerintah diminta menyiapkan aturan pengenaan bea meterai untuk dokumen digital secara jelas, termasuk mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis dokumen digital seperti apa saja yang kelak dikenakan bea meterai.

“Juga perlu disiapkan skema pengawasan yang baik, karena mengawasi dokumen dan transaksi digital tentu membutuhkan pengawasan memadai secara digital pula,” tutup Heri. (Agung/Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.