Dianggap Membandel, Puluhan PKL di Pasar Labuan Pandeglang Ditertibkan

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dibantu aparat Kepolisian dan TNI, Petugas Satpol-PP bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar (Disperindag) Pandeglang melakukan penertiban terhadap puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar Labuan, Kamis (28/1/2021).

Dilakukannya penertiban puluhan PKL tersebut, karena dianggap membandel dan melanggar K3, lantaran lapak para PKL tersebut berada di sepanjang bahu jalan pasar Labuan.

Bacaan Lainnya

Kasatpol PP Pandeglang, Entus Bakti mengatakan, para PKL yang ditertibkan tersebut karena telah melanggar K3, sebab keberadaanya menempati bahu jalan pasar Labuan. Selain itu kata Entus, para PKL tersebut juga sebelumnya pernah direlokasi ke lantai dua plaza pasar Labuan, namun mereka (PKal, red) pindah lagi ke tempat sebelumnya (bahu jalan).

“Hari ini kami bersama pihak terkait lainnya kembali melakukan penertiban PKL. Mereka (PKL) direlokasi lagi ke lantai dua Plaza Pasar Labuan,” katanya.

Ia juga mengaku, agar para PKL tersebut tidak lagi kembali menempati bahu jalan raya. Pihaknya akan melakukan patroli secara rutin. “Kami akan awasi terus supaya para PKL itu tidak kembali menempati bahu jalan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kabid Penindakan dan Ketertiban Satpol PP Pandeglang, Juhansyah mengungkapkan, para PKL yang ditertibkan saat ini ada sekitar 30 lebih. Sebelumnya kata dia, para PKL sudah ditempatkan di lantai dua plaza pasar Labuan, namun karena kurangnya pengawasan, akhirnya mereka (PKL) kembali menempati bahu jalan.

“Para PKL yang mendirikan lapak di bahu jalan ini melanggar K3. Makanya kami tertibkan dan direlokasi lagi ke lantai dua plaza pasar Labuan,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Disperindag Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menuturkan, pihaknya bersama tim gabungan mulai dari Satpol PP, Dishub, Muspika Labuan, TNI dan Polri, melakukan penataan kembali PKL pasar Labuan. Karena masih banyak PKL yang mendirikan lapaknya di bahu jalan, sehingga mengganggu ketertiban dan kenyamanan.

“Karena marak lagi PKL pasar Labuan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, makanya kami bersama pihak terkait lainnya melakukan penataan lagi. Para PKL itu dipindahkan ke plaza pasar Labuan yang sudah kami sediakan tempatnya,” tandas Fahmi. (Samsul/Hendra)

Pos terkait