Dianggap Efektif, Dewan Pers Minta SMSI Aktif Kampanyekan Pilkada Damai dan Bermartabat

oleh -

JAKARTA, REDAKSI24.COM—Anggota Dewan Pers Periode 2019-2022 Agus Sudibyo meminta Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk aktif mengkampanyekan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai dan Media Bermartabat jelang digelarnya Pilkada Serentak di beberapa wilayah di Indonesia 4 bulan ke depan.

Hal sebut disampaikan Agus saat menerima rombongan pengurus SMSI Pusat yang melakukan audiensi dengan Dewan Pers di di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020),
“Pilkada Damai Media Berkualitas dan Bermartabat” begitu tema kampanye Pilkada Damai yang diusulkan Agus.

Anggota Dewan Pers dari unsur perusahaan media ini meyakini dengan banyaknya perusahaan media siber yang tergabung di SMSI dan memiliki kepengurusan di 31 provinsi di Indonesia dirinya meyakini hal tersebut akan sangat efektif

“SMSI akan sangat efektif menjalankan kampanye Pilkada Damai karena sudah memiliki Cabang di 31 provinsi di tanah air,”jelasnya.

BACA JUGA:

SMSI Provinsi Banten Tunjuk Pelaksana Tugas Untuk Dua Struktur Inti SMSI Kabupaten Tangerang

SMSI Raih Penghargaan MURI Atas Kecepatan, Daya Sebar dan Banyaknya Anggota

Menanggapi usulan Agus Sudibyo, Ketum SMSI Pusat Firdaus beserta pengurus pusat SMSI yang hadir, setuju dan mengapresiasi usulan yang disampaikan Dewan Pers tersebut.

Penasehat SMSI Erfik mengatakan, Kampanye Pilkada Damai dan Bermartabat adalah hal yang mesti dilakukan.

“Media mesti tetap independen dan menjaga martabatnya dalam Pilkada serentak tahun ini,” ucap Erfik.
Senada dikatakan pegurus SMSI lainny, Yoga, hal lain yang sekarang sedang menjadi kecemasan masyarakat, yaitu perihal hoax dan wabah corona.

“Hoaks virus Corona ini bukan hanya menyesatkan masyarakat, tetapi juga sudah membuat masyarakat panik sehingga bertindak tidak proporsional. Begitu juga terhadap hoaks jelang Pilkada serentak, informasi yang sampai kepada masyarakat harus jernih,” jelas Yoga.

Sementara itu Ketua SMSI Pusat Firdaus mengatakan selain akan mendukung penuh usulan Dean Pers terkait kampanye Pilkada Damai dan Bermartabat, dirinya juga melaporkan bahwa organisasi yang dipimpinnya sedang membuat persiapan acara World Press Freedom Day yang akan dilaksanakan pada 16 April mendatang.

Menurut Firdaus, kegiatan tersebut digagas, menyusul penghargaan yang diterima SMSI Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), karena dapat mempublikasikan satu tulisan opini yang kemudian dimuat ratusan media Siber anggota SMSI, dari Sabang hingga Merauke dalam waktu singkat.

Adapun proses untuk menjadi konstituen Dewan Pers menurut Firadus hingga saat ini terus berjalan,
“Verifikasi yang dilakukan Dewan Pers sebagai syarat untuk menjadi konstituen Dewan Pers, sudah tuntas,” tegasnya. (Hendra)