Di Pandeglang, Berobat ke Puskesmas Tak Pakai Masker Bakal Dicuekin

  • Whatsapp
puskesmas
Ilustrasi - Kabupaten Pandeglang tengah gencar menyosialisasikan protokol kesehatan untuk menghadapi new normal.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Menghadapi New Normal, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Banten menghimbau masyarakat yang akan berkunjung ke Puskesmas, untuk tertib menjalankan protokol kesehatan, salah satunya mengenakan masker. Jika tidak mengikuti protokol kesehatan, siap-siap tidak akan dilayani alias dicuekin petugas medis Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengatakan, sebagai persiapan penerapan New Normal, pihakanya sudah berkoordinasi dengan semua Puskesmas untuk memberikan himbauan kepada maayarakat agar menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat ke Puskesmas atau rumah sakit.

Bacaan Lainnya

“Jika ada pengunjung Puskesmas atau rumah sakit yang tidak menggunakan masker, akan dipulangkan atau mencari masker terlebih dahulu. Sebab dalam penerapan New Normal itu, warga harus mampu menjalankan protokol kesehatan,” ungkap Dewi saat ditemui di Gedung Pendopo Pandeglang, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, penerapan New Normal bisa dijalankan jika masyarakatnya tertib dan mau mengikuti protokol kesehatan. Maka dari itu, dalam persiapan New Normal tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jika hendak masuk ke Puskesmas atau rumah Sskit harus memakai masker, cuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Intinya masyarakat harus tertib protokol kesehatan,” katanya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Labuan, Angga mengaku menerima himbauan yang tidak menggunakan masker akan diminta pulang untuk mengambil dan memakai masker. Tapi jika kondisinya tidak memungkinkan, seperti jaraknya jauh, maka pihaknya akan menyediakan masker bagi pengunjung.

“Kalau jaraknya jauh dan tidak memungkinkan untuk pulang lagi, kami sediakan masker. Tapi kalau yang rumahnya dekat dengan Puskesmas, kami akan meminta pengunjung yang tidak mengenakan masker untuk kembali lagi ke rumahnya,” ujarnya.

Saat ditanya apa saja yang akan disiapkan dalam penerapan New Normal tersebut, Angga mengaku, pertama akan koordinasi dengan semua instansi supaya bisa menyosialisasikan penerapan new normal kepada masyarakat. Soal kesiapan APD, menurut dia, sejauh ini cukup memadai.

“Kami akan sosialisasikan dulu kepada masyarakat, bagaimana menjalankan tatanan New Normal ini. Supaya masyarakat memahami dulu apa itu New Normal dan apa yang harus dijalankan dalam menjalani kehidupan baru pada masa pandemi covid-19,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.