Di Pandeglang Banyak Proyek Tanpa Andalkan APBD

  • Whatsapp
proyek jalan
Warga Kecamatan Cisata, Pandeglang, bergotong royong memperbaiki jalan rusak.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Akibat adanya pandemi covid-19, di Kabupaten Pandeglang saat ini banyak proyek pembangunan jalan yang tanpa menggunakan dana dari APBD maupun APBN. Proyek jalan dilakukan dengan menggunakan uang hasil iuran masyarakat alias swadaya.

Seperti yang dilakukan warga Kampung Pasirkoer, Desa Kubangkondang, Kecamatan Cisata, Pandeglang. Warga bergotong royong melakukan perbaikan jalan secara swadaya, dengan anggaran hasil iuran warga dan sejumlah donatur.

Bacaan Lainnya

Salah seorang tokoh pemuda Kampung Pasirkoer, Desa Kubangkondnag, Cisata, Yuyu mengatakan, perbaikan jalan yang dilakukan secara swadaya itu sudah berjalan selama 5 hari. Adapun ruas jalan yang diperbaiki tersebut, merupakan ruas jalan Kabupaten Pandeglang, dengan panjang sekitar 1,4 kilo meter.

“Karena ruas jalan ini ruas parah bahkan jika musim penghujan, kondisi jalan berlumpur dan sulit dilalui. Maka kami para pemuda dan warga lainnya, berinisiatif melakukan perbaikan secara seadaya,” ungkap Yuyu saat ditemui di lokasi, Kamis (18/6/2020).

Dikatakannya, kegiatan perbaikan dua ruas jalan di desanya tersebut, bukan menggunakan dana dari pemerintah. Akan tetapi kata dia, dana dari hasil iuran warga dan para donatur lainnya.

“Banyak donatur yang menyumbang batu, hingga sekarang ini kami sudah menghabiskan sebanyak 17 dump truk batu, untuk mengurug jalan yang rusak itu,” katanya.

Menurutnya, ruas jalan yang saat ini diperbaiki masyarakat bukan hanya sebatas akses biasa. Akan tetapi, jalur menuju kawasan pertanian warga, sehingga sangat penting untuk menunjang kemajuan para petani di kecamatan tersebut.

Perbaikan jalan juga mendapatkan dukungan dari Camat Cisata, bahkan ikut serta gotong royong bersama warga. Camat Cisata, Pandeglang, Atang Suhana menuturkan, warga antusias memperbaiki jalan, bahkan warga rela mengorbankan sebagian harta bendanya, tenaga dan waktunya untuk perbaikan tersebut.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.