Dewan Tunggu Aspek Formil Penyehatan Bank Banten

  • Whatsapp
DPRD Banten
Penyehatan Bank Banten menunggu aspek formil dari Pemprov Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Setelah beberapa melakukan beberapa kali pembicaraan dan pembahasan skema penyelamatan Bank Banten, kini dewan sedang menunggu aspek formil dari Pemprov Banten untuk dijadikan dasar pembahasan mempersiapkan Raperda Penyertaan Modal Bank Banten pada APBD Perubahan tahun 2020.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Banten, Muhlis mengatakan, setelah aspek formil itu masuk ke DPRD, pihaknya akan melakukan pembicaraan, pembahasan, konsultasi dengan lembaga terkait, kemudian melakukan fasilitas dengan Kemendagri.

Bacaan Lainnya

“Setelah semua rangkaian tahapan itu dilaksanakan, baru kami sahkan dalam APBD Perubahan. Kami menunggu aspek formilnya, nanti kami bahas secepatnya,” kata Muhlis, Selasa (23/6/2020).

Politisi PDIP ini menambahkan, langkah itu dilakukan dalam menjalankan kewajiban dewan untuk melakukan pengawasan. Terlebih Gubernur Banten Wahidin, Halim (WH) sudah memiliki good will untuk menyehatkan dan menyelamatkan Bank Banten.

Namun begitu, menurut Muhlis, bukan berarti pengajuan hak interpelasi disebut batal. Pihaknya tetap memberikan ruang dan waktu kepada gubernur untuk melakukan langkah aksi dan tindak lanjut dari itikad baiknya tersebut.

“Justru pengawasan kami harus lebih ditingkatkan lagi, agar jangan sampai melewati batas waktu yang telah ditetapkan OJK (otoritas jasa keuangan),” ujarnya.

Yang jelas, lanjutnya, dalam rangka akselarasi penyehatan Bank Banten, memerlukan spirit gotong royong. Terutama soliditas dan stabilitas dalam menumbuhkan kepercayaan publik terhadap penyehatan Bank Banten.

Dia menilai esensi dari interpelasi itu meminta keterangan, yang akan melahirkan sebuah pandangan untuk dijadikan kebijakan. Kebijakan itu, kata dia, harus dilaksanakan gubernur dengan penagwasan dari DPRD.

“Hanya itu. Tidak ada opini untuk pemakzulan atau impeachment. Itu hanya halusinasi,” imbuhnya.

Muhlis mengapresiasi adanya surat dari gubernur kepada pimpinan DPRD terkait konversi dana Kasda untuk penyertaan modal Bank Banten. “Sekarang good will sudah ada, tinggal rencana aksi dan tindak lanjut yang harus kami awasi,” tandasnya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.