Dewan Sebut Sekda Abaikan Komitmen Penyehatan Bank Banten

  • Whatsapp
bank banten
Ilustrasi - Bank Banten

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Sekda Banten Almukhtabar hingga kini belum melaksanakan komitmennya ke DPRD Banten, terkait perkembangan proses penyelamatan Bank Banten yang direncanakan akan dilakukan setiap hari (day to day). Dewan menyayangkan sikap Sekda itu, karena dianggap telah mengabaikan golden time yang diberikan otoritas jasa keuangan (OJK).

“Saya juga belum tanya. Tapi sudah saya ingatkan ke Sekda agar tidak menyia-nyiakan waktu sebulan ini. Kalau ini diabaikan, wasalam,” kata Ketua Komisi III DPRD Banten, Gembong R Sumedi, Kamis (25/6/2020).

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) beberapa waktu lalu melakukan konsultasi dengan OJK terkait langkah menyelamatkan Bank Banten. Pada konsultasi itu, OJK memberikan rekomendasi kepada gubernur agar melakukan langkah konversi Kasda Pemprov Banten sebesar Rp1,9 triliun yang mengendap di Bank Banten dijadikan sebagai penyertaan modal. OJK memberikan waktu sampai tanggal 21 Juli 2020 kepada Pemprov.

BACA JUGA: Dewan Tunggu Aspek Formil Penyehatan Bank Banten

Gembong melanjutkan, komitmen Sekda pada saat RDP Minggu lalu itu, bagi dewan merupakan i’tikad baik Pemprov untuk menyelamatkan Bank Banten. Tapi nyatanya, kata dia, sampai sekarang dewan belum mendapat laporan itu. “Nanti coba akan saya tanyakan,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Banten, Barhum HS. Menurut Barhum, pihaknya hingga kini belum menerima laporan perkembangan penyelamatan Bank Banten yang dilakukan Pemprov Banten.

“Mestinya, Pemprov Banten harus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh DPRD. Jika pada saat RDP kemarin sudah menyatakan bersedia dan berkomitmen untuk melakukan pelaporan day to day, mestinya itu segera dilaksanakan,” tegas Barhum.

BACA JUGA: Pemprov Banten Konversi Dana Mengendap di Bank Banten Buat Modal

Politisi PDIP ini menambahkan, keberadaan Bank Banten ini merupakan amanah masyarakat Banten yang harus dijaga. Selain itu, Perda juga mengamanahkan agar Bank Banten tetap eksis, karena ini merupakan icon dan kebanggaan masyarakat Banten.

“Kalau ada berbagai persoalan di Bank Banten, mestinya harus segera diselesaikan, bukan justru dimatikan,” katanya.

Sementara itu, Sekda Banten Almukhtabar ketika dikonfirmasi tidak berbicara banyak. Sekda beralasan semua langkah penyelamatan yang dilakukan Pemprov Banten terhadap Bank Banten masih dalam proses.

“Kita tunggu saja yah. Semuanya masih dalam proses,” ujarnya singkat. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.