Dewan Minta Upah Guru Honorer Di Banten Harus Terus Ditingkatkan

  • Whatsapp
guru honorer
Ilustrasi Pegawai Honor

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM—DPRD Banten Ahmad Jaini meminta Pemprov terus meningkatkan perhatian untuk sektor pendidikan.  Menurut politisi partai Gokar ini, selain kelengkapan fasilitas dan sarana prasarana, hal yang paling utama yang harus diperjuangkan adalah upah yang layak untuk guru honorer.

“Guru honorer sanga membantu jalannya pendidikan di Provinsi Banten ini, dengan begitu sudah seharunsya kita memperhatikan kesejahteraan mereka. Apalagi saat ini tanggung jawab dan wewenang pendidikan SMA sederajat sudah berada ditangan pemerintah provinsi,” ujar Jaini kepada Redaksi24.com, Selasa (22/10/2019).

Bacaan Lainnya

Jaini mengatakan, memang saat ini anggaran untuk pendidikan sudah cukup besar yakni telah mencapai lebih dari 30 persen dari APBD Provinsi Banten. Hanya saja dirinya masih kerap mendengar keprihatinan yang diderita oleh guru-guru honorer baik secara langsung maupun dari berbagai media massa.

“Pemerintah seharusnya memperhatikan nasib guru honorer. Apalagi kenyataannya saat ini Banten masih membutuhkan guru honorer karena jumlah guru pegawai negeri belum mencukupi kebutuhan,” jelasnya.

Hal yang sama juga diutarakan Anggota Dewan Pengawas Pendidikan Provinsi Banten Eni Suhaeni. Menurut Eni, sudah seharusnya pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan  guru honorer.

“Bukan hanya masalah nominal semata, yang lebih penting adanya polical will dari pemerintah terhadap nasib para guru honorer,” jelas Eni.

Menurut Eni saat ini sudah bukan zamannya lagi nasib guru khususnya guru honorer menjadi dagangan politik semata. Pemerintah baik pusat hingga daerah harus memberikan perhatian lebih kepada para guru khususnya honorer karena menyangkut terhadap adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Sudah cukup membesar-besarkan kata Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, karena sesungguhnya para guru pun membutuhkan diberi tanda jasa dengan diberikan honor yang layak untuk menghidupi dirinya dan keluarga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini untuk guru honorer SMK/SMA di Provinsi Banten dengan tingkat pendidikan S1  Rp 3.150.000. jumlah tesebut berasal dari honor Rp 1.350.000 ditambah tunjangan Jam mengajar 24 jam  senilai Rp 1800.000. (Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.