Deteksi Dini Covid-19, Pedagang dan Pengunjung di Pasar Tradisional di Rapid Test

  • Whatsapp
Rapid Test di Pasar tradisional Kota Cilegon.
Rapid Test di Pasar tradisional Kota Cilegon.

KOTA CILEGON, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon dan Provinsi Banten menggelar rapid test Covid-19. Tes tersebut dilakukan untuk mendeteksi dini masyarakat yang terpapar Covid-19 di wilayah Kota Cilegon.

Kepala Disperindag Kota Cilegon Abadiah mengatakan, dirinya bersyukur dan berterima kasih kepada petugas kesehatan. Pasalnya, kegiatan tersebut dilakukan guna mendeteksi dan mencegah upaya penyebaran Covid-19 di Kota Cilegon.

Bacaan Lainnya

“Hal ini di lakukan dalam rangka ingin mengetahui para pedagang dan para pengunjung di dua pasar yang ada di kota Cilegon, apakah terpapar Covid-19 atau tidak, sehingga dapat mempercepat pemutusan rantai penularan Covid-19 di Kota Cilegon,” kata Abadiah disela-sela kegiatan di Pasar Blok F, Kamis (23/4/2020).

BACA JUGA:

Warga Cilegon Diimbau Agar Laksanakan Ibadah Ramadan di Rumah

Antisipasi Aksi Begal dan Bajing Loncat, Polres Cilegon Intensifkan Patroli

Menurutnya, pengunjung pasar dan para pedagang pasar berpotensi dalam penularan Covid-19. Sehingga masyarakat yang punya indikasi Covid-19 melalui rapid test akan dilakukan tes swab sebagai langkah diagnosis pasti.

“Jika hasil reaktif maka langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR sebagai langkah diagnosis pasti,” katanya.

Ia juga mengatakan, kuota Rapid tes sebanyak 700 pcs yang akan digunakan untuk dua titik pasar di Kota Cilegon, yakni pasar Kranggot dan Pasar Blok F dan dilakukan oleh para tenaga medis.
“Itu ada dari dokter, perawat, dan analis kesehatan di setiap lokasi,” tambahnya. (Firasat/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.