Deteksi Covid-19 Lebih Cepat, Labkesda Provinsi Banten Sudah Bisa Uji PCR Mandiri

  • Whatsapp
Labkesda Banten
Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Astuti,

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Banten kini sudah bisa melakukan pemeriksaan swab dengan metode Polimerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri.

Kepastian itu diperoleh setelah Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang laboratorium rujukan Covid-19. “Mulai tanggal 11 April 2020 besok, kami sudah bisa melakukan PCR sendiri,” ujar Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Astuti, Sabtu (9/5/2020) malam.

Bacaan Lainnya

Melalui pesan singkatnya Ati mengatakan, dengan dikeluarkannya SK ini, proses penanganan pasien Covid-19 di Provinsi Banten akan menjadi lebih cepat, karena tidak harus menunggu hasil PCR dari Balitbang Kemenkes terlebih dahulu yang cukup memakan waktu.

“Hal seperti inilah yang sering membuat data pasien Covid-19 di daerah dengan pusat tidak sama,” katanya.

BACA JUGA:

. Pemprov Banten Dinilai Tak Mampu Berinovasi Entaskan Pengangguran

Pemprov Banten Janjikan Insentif Tenaga Kesehatan Cair Pekan Ini

. DPRD Banten Minta Tenaga Medis Covid-19 Tidak Mogok Kerja

Ketua Jubir Covid-19 Provinsi Banten itu melanjutkan, dalam sehari nantinya Labkesda bisa melakukan 45 sampel, yang kemudian akan dilakukan sejumlah rangkaian proses dari mulai extraksi, mixing sampai dengan pembacaan PCR.

“Semua proses itu membutuhkan waktu sekitar 6,5 jam. Jadi nanti bisa lebih cepat kami mengetahui, status si pasien yang bersangkutan,” tandasnya. (Luthfi/Difa)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.