Demokrat dan PKS Banten Sudah Punya Jago pada Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp
pilkada serentak 2020
Ilustrasi Pilkada serentak 2020

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Banten sudah mendapat rekomendasi dari DPP terkait pengusungan Bakal Calon (Bacalon) Kepala Daerah pada Pilkada serentak Provinsi Banten 2020. Dari rekomendasi itu, muncul tiga nama yang akan diusung partai berlogo bintang mercy tersebut.

Tiga nama tersebut yakni Eki Baehaki yang direkomendasikan maju pada Pilkada Kabupaten Serang, Iye Rohiman untuk Pilkada Kota Cilegon dan Siti Nur Azizah untuk Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Bacaan Lainnya

Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten,  Eko Susilo mengatakan, partainya fokus mengusung kader internal untuk ikut berkontenstasi dalam Pilkada 2020. Pengusungan itu tentunya atas dasar hasil survey yang dilakukan internal partai.

“Sejak awal kami sudah bertekad akan mengusung kader internal,” katanya, Selasa (2/6/2020).

Untuk kecukupan kursinya, menurut Eko, di Kota Tangsel sudah ada 20 kursi yakni PKS 8 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi, PAN 2 kursi dan Hanura 1 kursi. Jumlah tersebut lebih dari cukup dari syarat minimal 10 kursi.

Sementara untuk di Kota Cilegon, Bacalon Iye Rohiman sudah mendapat dukungan Parpol sebanyak 8 kursi yakni Demokrat 2 Kursi, PAN selaku partai bernaungnya 4 kursi dan PPP 2 kursi.

Sedangkan Bacalon Eki Baehaki pada Pilkada Kabupaten Serang mendapat dukungan Parpol sebanyak 9 kursi yakni Demokrat 5 kursi dan PAN 4 kursi. “Untuk di Kabupaten Serang kami masih kekurangan satu kursi lagi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terpenuhi,” katanya.

Sedangkan untuk Pilkada Kabupaten Pandeglang, lanjut Eko, partainya belum mengambil sikap, karena semuanya masih dalam proses. Namun yang pasti partainya ingin melawan petahana dan mengusung kader internal. “Tunggu tanggal mainnya saja,” ujarnya.

Salah satu Bacalon Kepala Daerah Kabupaten Serang Eki Baihaki mengatakan, kepastian ini menjadi langkah awal dirinya untuk terus melakukan penjajakan dengan partai lain. Mengingat beberapa waktu lalu, sebelum rekomendasi dari Demokrat turun, banyak teman-teman yang menanyakan kepastian dirinya maju atau tidak.

“Tapi sekarang semuanya sudah terjawab. Demokrat dari awal konsen untuk mengusung kader internalnya yang potensial maju dalam Pilkada,” katanya.

Di lain pihak, rekomendasi DPP PKS mengusung pasangan petahana yakni Tatu Chasanah- Pandji Tirtayasa maju kembali dalam Pilkada 2020. Pilihan itu berdasarkan hasil survei elektabilitas keduanya yang masih tertinggi dibandingkan dengan Bacalon yang lainnya.

Penyerahan rekomendasi dilakukan Ketua DPP PKS Wilayah Daerah Jakarta-Jawa Barat-Banten, Ahmad Syaikhu kepada Tatu di Jakarta.

“DPP PKS memutuskan untuk Pilkada Kabupaten Serang, memberi amanah kembali kepada Ibu Tatu dan Pak Pandji,” kata Musyrif DPP PKS Wilayah Banten, Budi Prajogo.

Menurut Budi, dalam amanatnya, Ahmad Syaikhu selaku Ketua DPP PKS mengintruksikan kepada fungsionaris dan kader PKS di Kabupaten Serang untuk segera melakukan proses pemenangan Tatu-Pandji.

“Dan memastikan, Bu Tatu dan Pak Pandji lolos menjadi Bupati dan Wakil Bupati Serang,” ujarnya.

Selain DPP PKS, pasangan Tatu-Pandji juga sudah mendapatkan rekomendasi pengusungan dari DPP PDI Perjuangan dan DPP Partai Golkar. Sementara di tingkat daerah, sudah direkomendasikan DPD Partai Hanura dan DPC PPP Kabupaten Serang. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.