Demi Penanganan COVID-19, DAU Pandeglang Tahun 2021 Kena Refocusing 8 Persen

  • Whatsapp
Pandeglang-Kabupaten-Kena Refocusing-DAU-Tahun Anggaran-Fery Hasanudin-PPKM

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dana Alokasi Umum ( DAU) Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2021, bakal kena refocusing lagi. Hal itu terungkap setelah beberapa pejabat tinggi Pandeglang, mengikuti rapat virtual bersama Plh Wakil Sekretariat Jenderal Kemendagri, di ruang pintar, Selasa (9/2/2021).

Diketahui dalam rapat virtual itu, bahwa refocusing anggaran dari DAU 2021, sebagai upaya dalam penanggulangan COVID-19. Sebab Presiden RI Joko Widodo, telah mengambil kebijakan vaksin COVID-19 gratis untuk masyarakat. 

Bacaan Lainnya

Untuk itu, menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kabinet, Kementerian, Lembaga, dan pemerintah daerah termasuk Pandeglang, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada Tahun Anggaran 2021, sesuai SE-2/PK/2021 tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan dana desa TA 2021 untuk penanganan pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin mengatakan, untuk Kabupaten Pandeglang dana yang akan direfocusing yaitu dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 8%. 

“Petunjuknya semua dari Mendagri, tadi sudah dipaparkan pada saat zoom meeting,” ungkap Pery usai mengikuti rapat virtual di ruang pintar.

Dikatakannya, refocusing ini memang cukup berat bagi daerah, karena anggaran sudah ditetapkan. Namun demikian, hal itu harus tetap dilaksanakan.

“Kami juga harus melihat program yang sudah dibuat untuk pelaksanaan 2021. Maka kita akan coba evaluasi kembali, mana saja yang harus digeser,” katanya.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang, Ramadani menjelaskan, refocusing yang harus dilakukan oleh seluruh Pemerintah Daerah se Indonesia diperuntukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di tingkat Desa dan Kelurahan serta vaksinasi massal secara serentak.

Diakuinya, memang pemberlakukan refocusing APBDes agak repot bagi desa yang akan melangsungkan Pilkades 

“Jika desa nanti anggarannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), sedangkan kelurahan yaitu dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya.

Ditambahkannya, refocusing sebesar 8 persen dari DAU itu akan digunakan untuk operasional vaksinasi, monitoring, sosialisasi, pengamanan, pendistribusian, sarana dan prasarana, insentif nakes hingga genset bagi Puskesmas sebagai antisipasi terjadinya padam listrik.

Adapun untuk DAU Pandeglang tambahnya lagi, kurang lebih sebesar Rp1 Triliun, jika direfocusing 8 persen dikisaran angka kurang lebih Rp90 Miliar.

“Tidak hanya Pandeglang saja, tapi semua daerah juga harus melakukan ini (refocusing) untuk PKPM Mikro dan vaksinasi secara masal,” tambahnya. (Samsul/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.