Data Korban Meninggal Karena Banjir di BPBD DKI Jakarta dan BNPB Tidak Sinkron

oleh -
INFOGRAFIS DATA KORBAN MENINGGAL BANJIR DKI JAKARTA-01
Infografis data korban banjir yang meninggal di wilayah DKI Jakarta_Redaksi24.com

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta, M Ridwan mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun pihaknya sampai hari ini, Jumat (3/1/2010), jumlah korban meninggal dunia akibat banjir di DKI Jakarta mencapai 6 orang. Penyebab korban meninggal antara lain karena terseret banjir, tersengat listrik dan sakit.

“Korban meninggal yang tercatat sampai saat ini sebanyak 6 orang, dengan rincian 2 orang warga Cipinang Melayu, 1 Kemayoran, 1 Tanah Abang, dan 2 orang lainnya di wilayah Jakarta Timur,” ujar Ridwan saat dikonfirmasi redaksi24.com, Jumat (3/1/2020).

Ridwan mengatakan pihaknya masih terus melakukan konfirmasi terhadap sejumlah stakeholder terkait jumlah korban yang meninggal dunia akibat banjir. Karena kata dia, berdasarkan data yang dikeluarkan BNPB pada Kamis (2/1/2010), untuk wilayah DKI Jakarta, berbeda dengan BPBD Jakarta.

Data Korban Banjir yang meninggal di Jakarta
Kepala Pusdatin BPBD DKI Jakarta, M Ridwan.

Menurut laporan yang dikeluarkan BNPB, tambah dia, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir di Jakarta mencapai 9 orang. Karenanya, pihaknya akan mengonfirmasi jumlah korban meninggal yang dikeluarkan BNPB. Mengingat jumlah tersebut tidak sesuai dengan catatan Pemprov DKI Jakarta.

“Kami akan konfirmasi ke BNPB, mereka memperoleh data dari mana, karena data yang dikeluarkan BPBD itu 6, mungkin dia dapat data itu dari Stakeholder yang lain yang belum masuk ke BPBD, nanti akan kita konfirmasi dan kita komplain datanya,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, perbedaan data tersebut terjadi karena ada kemungkinan masuknya data korban di luar wilayah Jakarta. Data yang masuk bisa saja terjadi di lokasi yang menjadi perbatasan antara Jakarta dan wilayah lain, sehingga data korban meninggal di Jakarta bertambah dari yang sebenarnya.

“Yang kita khawatir itu biasanya data dari daerah penyanggah masuk ke DKI, misalnya daerah-daerah yang sudah dekat ke Jakarta padahal dia sudah masuk Bekasi, sehingga dimasukkan ke Jakarta, nanti kita akan konfirmasi ke dinas kesehatan,” kata Ridwan.

BACA JUGA:

. Pemprov DKI Jakarta Sediakan 76 Pos Kesehatan Untuk Korban Banjir

Sementara itu, berdasarkan data yang dikeluarkan BNPB jumlah korban banjir yang meninggal dunia di wilayah Jabodetabek mencapai 30 orang, untuk Dki Jakarta saja, sebanyak 9 orang, dengan rincian 7 orang di Jakarta Timur dan masing-masing 2 orang di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

“Data yang dikumpulkan oleh BNPB itu, dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BPBD, TNI, POLRI, dan sumber lainnya, “kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Agus Wibowo melalui keterangan tertulisnya. (Alfin/Aan)